Cabup / Cawabub Paluta Dari Jalur Independen Minimal Didukung 15 Ribu lebih KTP

Redaksi: Selasa, 12 September 2017 | 06.14.00

KPU Paluta saat gelar rapat pleno tentang penetapan syarat dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Paluta, Minggu (10/9). (Foto : Riswandy)



PALUTA| HARIAN9
Jika ingin mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dari jalur independen atau perseorangan harus memiliki dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai persyaratan sebanyak 15.611 KTP pemilih.

Hal itu terungkap dari hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paluta tentang penetapan syarat dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta.

“ KPU Paluta sudah melakukan rapat pleno. Hasilnya telah menetapkan rekapitulasi daftar pemilih tetap pemilihan umum terakhir sebagai dasar minimal dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Paluta 2018 nanti, “ kata Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP melalui Divisi Perencanaan dan Data M Nafsir Rambe di kantor KPU Paluta, Senin (11/9).

Nafsir menjelaskan, untuk Pilkada Paluta, bakal pasangan calon dari perseorangan harus memiliki jumlah dukungan sebagai persyaratan sebesar 10 persen dari jumlah DPT Pilpres 2014 lalu atau kata lain harus mempunyai minimal syarat dukungan sebanyak 15.611 KTP pemilih dengan minimal sebaran dukungan harus tersebar paling sedikit di 7 kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di wilayah Paluta. 

“ Sebaran dukungan juga harus tersebar di tujuh Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Paluta, “ jelasnya.

Terpisah, pemerhati politik Kabupaten Paluta Asmar Siregar mengatakan, dirinya pesimis akan adanya calon yang akan memilih jalur independen, melihat kondisi dan waktu yang pendek menjelang tahapan Pilkada Paluta ini.

Sebab katanya, hingga saat ini ia masih belum melihat adanya pergerakan dari salah satu calon yang melakukan penggalangan KTP untuk memenuhi persyaratan jalur independent tersebut. Namun ia tidak memungkiri kemungkinan akan adanya calon dari jalur independent tersebut.

“ Melihat kondisi dan waktunya, calon independent sudah mustahil. Tapi bukan tidak mungkin hal itu bisa terjadi, namanya juga politik, kita lihat aja perkembangannya, “ ujarnya.

Untuk diketahui bahwa KPU Paluta telah melaksanakan Rapat Pleno tentang penetapan syarat dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta pada Pilkada Paluta 2018, Minggu (10/9) yang di pimpin langsung oleh Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP. ‎(Wan9)




Komentar