Kapten P Harahap: Pemutaran Film G30S/PKI Untuk Mengenang Kembali Sejarah Tahun 1965

Redaksi: Jumat, 29 September 2017 | 13.38.00

Kapten P. Harahap, Komandan Koramil Kota Kualasimpang. (Foto: Jasmani)

KUALA SIMPANG| HARIAN9
Komandan Koramil kota Kualasimpang Kapten P Harahap menggelar Nonton Bareng (Nobar) film penumpasan pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) di halaman pendopo bupati Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (28/09/17) malam.

Pemutaran flm yang berdurasi 3 jam 37 menit tersebut diputar melalui proyektor dimulai pada pukul 21:00 WIB. Meskipun dengan disertai hujan mengguyur kota Kualasimpang dan seputarnya, namun tidak mengurangi semangat sekitar 400 orang masyarakat kota Kualasimpang, bahkan tidak rela bangkit dari tempat duduknya demi menyaksikan pemutaran film yang telah lama menghilang dari pandangan mata rakyat republik Indonesia semenjak terjadinya era reformasi.

"Sesuai dari perintah bapak Dandim 0104/Atim pada seluruh jajaran Koramil di kabupaten Aceh Tamiang yang kita cintai ini diberikan jadwal mulai dari tanggal 20 sampai dengan 30 September 2017 untuk menggelar pemutaran film G30S PKI, sebagai mana untuk mengenang kembali sejarah yang telah terjadinya pemberontakan G30S PKI dengan cara menculik, menyiksa, membunuh dan membuang Tujuh orang jendral kedalam lubang buaya pada tahun 1965," jelas P Harahap.

Pada kesempatan yang sama, wakil bupati terpilih T. Insyafuddin turut hadir dalam pelaksanaan nonton bareng tersebut juga menyampaikan kepada wartawan. 

"Kita harapkan pemutaran film seperti ini agar diputar juga pada setiap sekolah sekolah, saya yakin generasi Sepuluh tahun terakhir ini mereka tidak tahu informasi sebenarnya tentang gerakan 30 September," tandas T. Insyafuddin.

Ditambahkannnya. mudah mudahan pemerintah kita sekarang ini dan juga di masa yang akan datang membuat kebijakan agar film ini diputar kembali di televisi setiap tahunnya menjelang tanggal 30 September seperti dahulu, agar generasi kita kedepannya faham sejarah mengapa PKI dilarang berdiri di NKRI kita cintai ini.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Danramil Kota Kualasimpang, Camat Kota Kualasimpang, Wakil Bupati terpilih, Mukim Kota Kualasimpang, para Datok Penghulu Kota Kualasimpang dan Komunitas Mr. SAT Motor Style Aceh Tamiang. (Jas9)
Editor: Mardan H Siregar 






Komentar