Kecamatan Dolok Juara Umum MTQN Ke X Tingkat Kabupaten Paluta

Redaksi: Selasa, 12 September 2017 | 00.59.00

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap saat menyerahkan medali dan piagam penghargaan kepada para peserta yang menjadi juara pada penutupan MTQ ke X tingkat Kabupaten Paluta Tahun 2017 di alun-alun Kota Gunung Tua, Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Sabtu (9/9). (Foto : Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) keluar sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-X tahun 2017  tingkat Kabupaten Paluta yang ditutup oleh  Bupati Paluta Drs. H Bachrum Harahap di alun-alun Kota Gunung Tua, Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Sabtu (9/9/2017).

Acara penutupan MTQ ini dihadiri, Wakil Bupati (Wabup) Paluta H Riskon Hasibuan SE, Kajari Paluta Rizal Syah Nyaman SH MH, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap Shi, Kakan Kemenag Paluta Drs H Permohonan Siregar, Forkompida, Ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar, sejumlah anggota DPRD Paluta, pimpinan SKPD dan tokoh masyarakat serta tokoh agama se Kabupaten Paluta

Penetapan kafilah Kecamatan Dolok meraih juara umum dengan perolehan total nilai‎ keseluruhan sebanyak 74 poin, berdasarkan keputusan dewan hakim MTQN ke X tingkat Kabupaten Paluta No. 18/LPTQ/X/2017 tentang penetapan pembaca terbaik serta juara I,II,III serta harapan untuk cabang Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an, Tafsiril Qur'an, Khattil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an dan makalah Al-Qur'an pada MTQ ke X tingkat Kabupaten Paluta per tanggal 9 September 2017 yang dibacakan ketua dewan hakim Drs H Haddad Ulum Harahap MA.

Sedangkan untuk juaran umum II diraih Kecamatan Padang Bolak Tenggara dengan total nilai 64 dan juara umum III diraih Kecamatan Padang Bolak dengan total nilai keseluruhan sebanyak 49 poin.‎

Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs. H Bachrum Harahap dalam sambuannya mengatakan, dengan terlaksananya acara MTQ di Paluta yang dilaksanakan di Kecamatan Padang Bolak di harapkan kedepannya akan menghasilkan santri-santri yang siap bersaing ditingkat Propinsi maupun untuk tingkat Nasional.

Bachrum berharap agar LPTQ Kabupaten Paluta dapat memberikan pembinaan intensif kepada qori-qori’ah terbaik di Kabupaten Paluta demi pencapaian target maksimal tersebut. Kemudian, dengan MTQ ini pula diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengamalan masyarakat dalam memahami isi kandungan Al-Quran untuk dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mewujudkan Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat.

“ Tujuan pelaksanaan MTQ ini adalah meningkatkan keimanan dan pengetahuan masyarakat dalam membaca, menulis dan memahani serta mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan kita sehingga visi misi Kabupaten Paluta dapat terwujud yakni mewujudkan masyarakat Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat, “ ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan selamat kepada peserta dan kafilah yang keluar sebagai pemenang dan jangan cepat merasa puas serta tidak berbesar hati dan sombong, selalu melakukan renovasi sikap dalam perkembangan pemahaman Alqur’an. Dan bagi kafilah yang belum berhasil ini bukanlah kegagalan tetapi kemenangan yang tertunda.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Paluta Burhan Harahap SH melalui Ketua pelaksana Syarifuddin Harahap dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-X tingkat kabupaten Paluta yang berlangsung selama tiga hari telah selesai dan berjalan dengan kondusif, sukses dan lancar.

Ia menambahkan, jumlah peserta yang telah mengikuti MTQ ke X tingkat Kabupaten adalah sebanyak 400 peserta yang didampingi 70 official yang berasal dari 12 Kecamatan Se-Kabupaten Paluta dengan memperlombakan 20 cabang perlombaan.

“ Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik itu dari panitia, tim kerja, dewan hakim, jajaran kementrian agama, para Camat, official, para kafilah dan seluruh masyarakat Kabupaten Paluta yang telah ikut berperan dalam meramaikan dan mensukseskan MTQ ke-X tingkat Kabupaten Paluta sehingga terlaksana dengan baik dan lancer, “ katanya. ‎(Wan9)

Komentar