KETUA TIM LOMBA BINTER TINJAU LANGSUNG DESA TERPENCIL WILAYAH ACEH TIMUR

Redaksi: Kamis, 21 September 2017 | 14.34.00



LANGSA| HARIAN9 
Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadanpusterad) Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Joko Warsito selaku Ketua Tim Penilai Lomba Binter Tingkat Utama penilaian lapangan dua,  terbang dengan menggunakan Hellypad menuju salah satu tempat desa terpencil di pedalaman wilayah kabupaten Aceh Timur, Rabu (20/9/2017).

Desa Tampur Paloh yang juga merupakan wilayah salah satu dari  binaan Koramil 17/Simpang Jernih sempat menarik perhatian Ketua Tim Lomba Binter untuk datang langsung dalam hal  meninjau ke lokasi, yang telah diketahui dalam pemberitaan  yang  beredar di desa paloh terdapat adanya pengembangan arus  listrik yang bahan baku utamanya terbuat dari salah satu pohon Kedondong Pagar, Dalam pengembangan tersebut, langsung melibatkan unsur Babinsa Ramil 17/Simpang jernih selaku pendamping Naufal bocah umur 16 Tahun penemu listrik pohon.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim jajaran Kodim 0104/Aceh Timur yang berpangkat Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE mengatakan bahwa "desa tampur paloh merupakan salah satu desa terpencil yang berada di wilayah kabupaten Aceh Timur. 

"Kenapa dikatakan terpencil, karena sangat jauh dari pusat kota dan tidak bisa dilalui dengan  perjalanan melalui darat, Selain itu, ditambah lagi belum adanya pasokan aliran arus  listrik dari pihak Perusahan Listrik Negara (PLN)," ungkap Dandim.

Dikataakannya, untuk bisa sampai ke tempat ini, memerlukan waktu selama  empat jam melalui jalan lintas darat dari Kota Langsa yang menuju menuju kecamatan Simpang Jernih, Kemudian dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai menggunakan Boat yang memakan waktu selama satu jam.

"Dengan datangnya Tim dari Pusterad dan menyaksikan secara langsung tentang bagaimana upaya yang telah dilakukan Pihak TNI untuk melakukan pengembangkan di desa ini sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan TNI dengan Rakyat, Dandim berharap desa Tampur Paloh bisa terangkat dan menjadi perhatian dari pemerintahan pusat untuk membantu memberdayaan daerah tersebut dari ketertinggalan yang selama ini mereka rasakan," harapnya.

Di samping itu, Naufal Bocah yang baru berusia 16 Tahun si penemu arus listrik yang sedang menimbah ilmu pendidikan  sekolah di wilayah Tangerang atas binaan PT. PERTAMINA sebagai sponsornya, diikut sertakan dan didatangkan  sebagai narasumber yang langsung disampaikan oleh pihak Tim Penilai Lomba Binter terkait tentang penemuan arus  listrik dari pohon kedondong pagar tersebut, dan semoga hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi Kodim 0104/Aceh Timur untuk menjadi yang terbaik se-Indonesia.

Disisi lain, dalam kunjungan tersebut, turut ikut serta dalam  rombongan, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.Ip, M.Si, Aster Kasdam IM Kolonel Inf Mahesa, Tim Penilai Kolonel Arh M. Ali Mudjid, S. Sos dan Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul bin Samaun. (Andi9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar