Koramil 05 Padang Bolak Gelar Nobar Film Peristiwa G30S/PKI

Redaksi: Minggu, 24 September 2017 | 11.23.00

Warga terlihat antusias nobar film penghianatan G30S/PKI yang digelar Koramil 05 Padang Bolak di pelataran Kantor Koramil 05 Padang Bolak, Jumat (22/9) malam. (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Koramil 05 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar nonton bareng (nobar) film Pengkhianatan G30S/PKI di pelataran Kantor Koramil 05 PB, Gunungtua, Jumat (22/9) malam.

Pemutara film sejarah ini dimulai pukul 20.30‎ WIB, dihadiri ratusan warga dengan membawa keluarrga untuk ikut menonton petistiwa sejarah kelam bangsa yang cukup sadis dan menyayat hati.

Selain itu juga hadir anggota Persit KCK Ramil 05 Padang Bolak, sejumlah anggota dan purnawirawan TNI, PPM Paluta beserta OKP dan Ormas lainnya yang ada di Paluta.

Danramil 05 PB Lettu CZI Pahlawan melalui Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dinas (BATI TUUD) Pelda M Manurung mengatakan, selain merupakan perintah dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, acara nobar ini juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya paham komunis dengan sejarah kelam yang dialami bangsa Indonesia.

Menurutnya, acara nobar film G30S/PKI ini juga dimaksudkan agar masyarakat khususnya generasi muda mengetahui tentang sejarah kelam bangsa Indonesia terkait pemberontakan oleh PKI yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa yang begitu banyak.

"Pemutaran film ini juga guna menggugah, mengajak dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya generasi muda bahwa PKI pernah melakukan pemberontakan kepada bangsa Indonesia, sehingga nantinya generasi muda mengetahui bahaya paham komunis yang pernah menimpa bangsa kita," ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini, kalangan generasi muda Paluta dapat bekerjasama berperan untuk menangkal penyebaran paham komunis agar tragedi kelam pemberontakan PKI tahun 1948 dan 1965 tidak terulang kembali di masa depan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Paluta Darwin Siregar yang bertindak sebagai panitia pelaksana nobar film G30S/PKI, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk‎ meningkatkan rasa nasionalisme dan memberikan pengetahuan kepada kalangan generasi muda sehingga nantinya tidak ada upaya pembelokan sejarah dari sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Generasi muda wajib mengetahui sejarah perjalanan bangsa Indonesia karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengetahui dan menghargai jasa pahlawannya," ujar Darwin.

Ditambahkannya, kegiatan nobar film G30S/PKI ini juga akan digelar di tempat lainnya yakni di desa Sigama, desa Pagaran Tonga dan desa Purba Sinomba secara serentak pada hari Sabtu, 23 September malam.

Diharapkannya, dengan adanya pemutaran film ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dengan menjaga persatuan dan kesatuan untuk menangkal penyebaran paham komunis sehingga masyarakat bisa hidup dengan damai dan sejahtera.

Sementara Danramil 06 Dolok Kapten (INF) J Siregar yang dihubungi melalui selulernya mengatakan bahwa pihaknya juga menggelar acara nobar film G30S/PKI bersama masyarakat di kantor Koramil 06 Dolok dengan maksud dan tujuan yang sama yakni mengenang dan memberikan pelajaran kepada masyarakat tentang sejarah kelam yang dialami oleh bangsa Indonesia.

"Hari ini kita juga menggelar acara yang sama bersama masyarakat dan anak-anak sekitar," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya akan menggelar acara nobar ini di sejumlah lokasi diantaranya di pusat Pasar Sipiongot‎, halaman pesantren Parmeraan dan di daerah Dolok Sigompulon yang dijadwalkan digelar tanggal 23-25 September mendatang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar











Komentar