Koramil 0824/16 Tanggul Dampingi Pembangunan Bak Penampungan Air Bersih Untuk Masyarakat

Redaksi: Rabu, 20 September 2017 | 15.31.00

Pembangunan bak penampungan pada Rabu (20/09/2017) mulai pukul 08.00 WIB yang dilakukan oleh 37 orang masyarakat setempat 4 orang perangkat desa dan Babinsa Desa Kramat Sukoharjo  Serda M Yasin yang membantu pekerjaan sekaligus memberikan pendampingan dan pengawasan sehingga kualitas bangunan dan pemanfaatannya dapat dirasakan secara maksimal dan berdayaguna jangka panjang oleh masyarakat. (Foto: sis24)

JEMBER| HARIAN9
Kondisi cuaca kemarau ini mulai ada upaya beberapa daerah ketinggian untuk berbenah dalam pengelolaan air bersih, seperti halnya di Ds Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kab Jember yang sedang membangun 2 unit Bak Penampungan dengan volume sekitar 15 meter kubik dan akan dikonsumsi oleh sekitar 200 KK warga masyarakat setempat.

Lusianto 45 tahun  pengawas pembangunan tersebut menyatakan bahwa pembangunan tersebut dibiayai oleh anggaran APBN peruntukkannya memang untuk pembangunan 2 unit bak penampungan air serta instalasi pipanya menuju rumah-rumah warga.

Lebih lanjut Lusianto menyampaikan bahwa sebelumnya masyarakat memang memanfaatkan sumber air tersebut namun karena salurannya belum diarahkan secara baik sehingga kurang tertib dan hasilnya tidak merata, dengan pembangunan penampungan seperti ini nantinya akan disalurkan secara teratur, bahkan nantinya akan dipasang meter dan warga diharap dapat mengelola dengan beban perawatan secara swadaya dari setiap warga yang memanfaatkannya.

Pembangunan bak penampungan pada Rabu (20/09/2017) mulai pukul 08.00 WIB yang dilakukan oleh 37 orang masyarakat setempat 4 orang perangkat desa dan Babinsa Desa Kramat Sukoharjo  Serda M Yasin yang membantu pekerjaan sekaligus memberikan pendampingan dan pengawasan sehingga kualitas bangunan dan pemanfaatannya dapat dirasakan secara maksimal dan berdayaguna jangka panjang oleh masyarakat.

Menyikapi kegiatan anggotanya tersebut Danramil 0824/16 Tanggul Kapten Cba Beteng Irianto menegaskan bahwa sesuai tugasnya Babinsa jajarannya sudah diberikan arahan untuk membantu pembangunan sekaligus mengawal sehingga dapat berdaya guna secara jangka panjang oleh masyarakat di desanya masing-masing.

Kapten Cba Beteng Irianto lebih lanjut menegaskan bahwa kelancaran dan pengawalan pembangunan seperti itu adalah bagian dari fungsi tugas pembinaan teritorial, karena semakin minim permasalahan dalam suatu wilayah akan memantapkan pertahanan wilayah itu sendiri.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyikapi kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan terima kasih kepada anggotanya yang telah melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan baik dan mampu bersinergi dengan perangkat dan menyatu dengan masyarakat dalam rangka mempercepat dan  mensukseskan pembangunan di desanya.

Air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat hendaknya dapat terpenuhi dengan baik, dengan pembangunan bak penampungan seperti itu hendaknya lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, untuk itu silahkan dibantu percepatan pembangunannya dan kawal pelaksanaannya sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat, itulah wujud pengabdian kita kepada masyarakat. (sis24) 
Editor: Mardan H Siregar


Komentar