Lokasi Cetak Sawah Tapsel Rawan Banjir

Redaksi: Selasa, 12 September 2017 | 05.49.00

Seorang warga memperlihatkan salah satu kawasan rencana cetak sawah di Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Tapsel, Minggu (10/9). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Program cetak sawah 300 ha yang berada di sisi sungai Batang Angkola di Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ternyata banyak masalah. Karena, disamping rawan banjir juga berada di area batas wilayah Tapsel dan Mandailing Natal (Madina).

Camat Kecamatan Tano Tombangan Angkola (Tantom), Kabupaten Tapsel Indra Sakti Siregar, Minggu (10/9) mengatakan, penetapan jadi atau tidaknya program cetak sawah adalah wewenang Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Dengan kondisi lahan sekarang di saat kemarau, permukaan air sungai Batang angkola sudah sejajar dengan tembok alami kiri kanan sungai. Diprediksi, satu jam saja turun hujan kapasitas sedang, lahan rawa akan menjadi lautan,“ katanya.

Menurutnya, program areal cetak sawah sendiri masuk pada 4 desa yaitu Desa Simaninggir, Kotatua, Harean dan Lumban Ratus yang masih berada di Kecamatan Tano Tombangan Angkola Tapsel.

“Secara logika, sebelum terjadi percetakan sawah harus dipikirkan normalisasi sungai Batang Angkola, apakah pendalaman, pelebaran sungai, apalagi kondisi lebar sungai sekarang hanya 6 meter. Selayaknya dua kali lipat lebar sungai dari kondisi sekarang, karena jalur sungai ini merupakan jalur air dari Padangsidimpuan,“tandasnya. (Wan9)

Komentar