Mendag: Perkuat Peran Kawasan Hadapi Tantangan Global

Redaksi: Kamis, 07 September 2017 | 01.55.00



PASAY| HARIAN9 
ASEAN akan memberikan manfaat yang besar bagi para negara anggotanya selama ASEAN tetap solid. ASEAN yang bersatu juga akan memberikan posisi tawar yang kuat dalam kerja sama dengan negara-negara lain di dunia. 

Hal ini ditegaskan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita,  hari Rabu (6/9), di Kota Pasay, Filipina, sebelum menghadiri Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers’/AEM Meeting) yang akan berlangsung 7-11 September 2017.

“Di tengah renegosiasi kesepakatan di kawasan lain untuk menyatukan visi dan misinya, serta kecenderungan kesepakatan bilateral, Pertemuan AEM ini menjadi sangat penting sebagai pendorong untuk terus meningkatkan proses integrasi dan kerja sama ASEAN,” tegas Enggar.

Indonesia, lanjut Enggar, perlu memanfaatkan peranan kawasan guna menghadapi tantangan global yang terjadi saat ini. 

“Melalui ASEAN, kita bisa membawa Indonesia dalam peta regional yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan global yang semakin berat. Indonesia tetap bisa menjadi negara utama tujuan investasi tanpa meninggalkan ASEAN. Dengan ASEAN, Indonesia memiliki peranan yang lebih besar,” tandasnya.

AEM 2017 akan dibuka Kamis (7/9) di Hotel Marriot, Kota Pasay, Filipina. Di bawah keketuaan Filipina, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi fokus pembahasan utama. 

Isu lain yang juga menjadi prioritas ASEAN di masa keketuaan Filipina ini, antara lain meliputi skema sertifikasi mandiri ASEAN untuk surat keterangan asal (SKA); investasi, perdagangan jasa, konektivitas intra ASEAN melalui ASEAN Roll-on Roll-off, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), pemberdayaan ekonomi wanita, serta e-dagang. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar

Komentar