Menkeu: Membaca, Kita Jadi Cerdas

Redaksi: Rabu, 06 September 2017 | 16.50.00

Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan dalam acara Festival Literasi Kementerian Keuangan 2017 di aula Mezzanine, gedung Juanda I Kementerian Keuangan, Jakarta (05/09). (Foto: kemenkeu)

JAKARTA| HARIAN9 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa membaca dapat membuat hati dan pikiran menjadi berisi dan kaya perspektif. 

Hal itu disampaikannya dalam acara Festival Literasi Kementerian Keuangan 2017 di aula Mezzanine, gedung Juanda I Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Selasa, (05/09).

“Membaca itu tidak hanya membuat kita menjadi cerdas tapi juga membuat kita menjadi empati, peka. Mampu memahami cara berpikir orang lain. Itu membuat kita menjadi manusia yang paripurna dalam arti sempurna menjadi manusia yang berisi, kaya rasa, kaya apresiasi, kaya cara berpikir, dan kaya dalam perspektif. Karena manusia kadang-kadang sangat miskin perspektifnya, melihat suatu masalah cuma dari satu sisi saja,” jelasnya.

Dipesankannya, agar Kemenkeu dapat meningkatkan perannya sebagai knowledge institution. Pengetahuan yang tidak hanya secara lisan tapi juga dapat ditularkan dan dicapture kemudian ditulis dan dibaca sehingga muncul tradisi literasi.

“Dulu, saya kalau nunggu di dokter gigi, selalu disuruh bawa buku oleh Ibu saya, walaupun buku saat itu langka. Dunia anak-anak sekarang berbeda tapi esensii membaca itu harus terus dijaga. Mungkin bentuknya lain. Saya ingin minat baca bisa ditingkatkan across generation,” katanya.

Terakhir, Menkeu berharap acara festival literasi ini tidak hanya dapat mencerdaskan dan membuat semakin kaya tetapi menginspirasi seluruh masyarakat untuk juga bisa ikut meningkatkan minat membaca dan bahkan menulis literatur. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar