Menkeu:Awasi Kegiatan Ilegal yang Mengancam Perekonomian

Redaksi: Sabtu, 09 September 2017 | 22.33.00



JAKARTA| HARIAN9 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpesan agar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dapat melindungi industri dan meningkatkan perdagangan dalam negeri dengan pengawasan optimal terhadap berbagai kegiatan ilegal yang mengancam perekonomian Indonesia.

"DJBC memiliki peran penting yang strategis dalam menjalankan tugas sebagai revenue collector, community protector, trade facilitator, dan industrial asisstance. Dalam menjalankan perannya tersebut, DJBC diharapkan untuk terus menjaga kepercayaan publik yang telah diamanahkan kepadanya," ujarnya saat memimpin apel luar biasa di kantor wilayah khusus DJBC Tanjung Balai Karimun (TBK), Jumat (08/09).

Pada kesempatan itu, diingatkannya juga, pemberantasan barang ilegal, penerimaan negara yang optimal, pengawasan lalu lintas barang dan manusia secara efektif, pelayanan prima dan pemberian fasilitas yang tepat sasaran harus menjadi tolok ukur kinerja yang perlu ditanamkan di seluruh jajaran Bea dan Cukai. 

Penguatan reformasi DJBC tidak hanya menjadi program di atas kertas namun bisa dilaksanakan dengan komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran.

"Saya berharap dengan kehadiran saya di sini, program penertiban tidak hanya di pelabuhan utama saja, namun juga dilakukan di seluruh wilayah kepabeanan Indonesia termasuk di daerah perbatasan dan wilayah perairan laut," harapnya.

Seperti diketahui, Selat Malaka merupakan jalur lalu lintas perdagangan yang sangat strategis dan memiliki volume arus perdagangan barang yang sangat tinggi. 

Namun, hal tersebut kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk penyelundupan barang, baik untuk menghindari kewajiban perpajakan maupun penyelundupan barang-barang berbahaya yang dapat mengancam kehidupan masyarakat. 

Oleh karena itu, Menkeu juga meminta pada seluruh jajaran pengawas laut untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka mengantisipasi penertiban di pelabuhan utama yang akan berimbas pada kegiatan ilegal di berbagai pelabuhan lainnya. 

Sri juga mengapresiasi kinerja jajaran Bea dan Cukai untuk komitmen dan integritas mereka.

"Tugas Anda sangat berat, untuk itu negara ingin mengucapkan terima kasih kepada anda yang bertugas dengan komitmen yang luar biasa dan integritas yang tidak dikompromikan. Saya juga tidak segan untuk menindak tegas bagi individu yang ingin menghalangi jalannya reformasi di Bea dan Cukai," katanya.

Terakhir, diajaknya, para pelaku usaha untuk menjalankan usaha secara legal, karena legal itu mudah. 

Dengan demikian setiap individu telah berkontribusi dalam menciptaan perekonomian Indonesia yang bersih, adil, dan transparan sehingga dapat mengoptimalkan penerimaan negara untuk kemakmuran rakyat. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

Komentar