Optimalisasi Serapan Gabah Tim Mabes TNI AD Turun Ke Wilayah Kodim 0824 Jember

Redaksi: Kamis, 07 September 2017 | 19.48.00



JEMBER| HARIAN9 
Program ketahanan pangan merupakan MoU antara Mabes TNI AD dengan Departemen Pertanian RI dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki musim dan wilayah subur guna mendukung produktifitas pertanian.

Babinsa selaku pelaksanakan pendampingan pada program ketahanan pangan tersebut memang sangat efektif karena berada disetiap desa dan mampu memberikan sosialisasi dan motivasi terhadap program-program pemerintah selama ini, dan ketahanan pangan sendiri merupakan bagian dari ketahanan nasional yang menjadi tugas pokok TNI.

Dalam upaya pendampingannya di Kabupaten Jember seperti yang dilansir dari keterangan  Ka Bulog Sub Divre jember  Anto Endrianto  maupun Dandim 0824 Letkol Inf Rudianto bahwa pencapaian saat ini sudah mencapai 116 % dari target 72.000 ton setara beras yang dipatok oleh Departemen Pertanian RI untuk tahun 2017 Kabupaten Jember.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari peran pendampingan TNI AD melalui Babinsa bersama PPL yang selalu turun ke lapangan untuk memberikan motivasi dan sosialisasi kepada petani terkait tehnis yang benar dan pola percepatan yang harus dilakukan termasuk dengan penggunaan mesin pertanian, bahkan untuk khususnya penyerapan hasil panen dibentuk Satuan Tugas Serapan Gabah (Satgas Sergab) yang beranggotakan personel Bulog dan Kodim untuk optimalisasinya.

Pada Rabu (06/09/2017) Pukul 13.00 Wib Tim Sergab dari Mabes TNI AD yang dipimpin oleh Kolonel Inf Adi Saputra Siahaan, dengan anggota Kolonel Inf Ronni dan Kolonel Inf Dwi Armodjo.

Tim Sergab Mabes TNI AD sebelum ke Makodim 0824 singgah di kelompok Tani Bedadung Jaya Dsn Bedadung Wetan Ds kaliwining Kec Rambipuji Jember, pada kesempatan tersebut turut menyambut diantaranya Pasi Wanwil Korem 083/Bdj Mayor Inf Santiko Aji, Pasiter Korem 083/Bdj Kapten Arh Heru, Kasi Pengadaan Bulog Sub Divre Jember H Komarudin, Ka Upt Pertanaman Pangan Wil Balung,  Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Harsono bersama Babinsa, dan anggota kelompok tani yang sedang panen.   

Pada kesempatan tersebut disamping dilakukan negosiasi hasil panen oleh Bulog Sub Divre Jember yang disaksikan oleh Tim Sergab Mabes TNI AD, juga dilaksanakan tanya jawab dengan Upt Pertanaman Pangan, maupun dengan Kasi Pengadaan Bulog Sub Divre Jember terkait tehnis dan mekanisme pendampingan yang sudah dilakukan terhadap petani.

Selanjutnya Tim Sergab Mabes TNI AD menuju Kodim 0824 Jember yang yang kemudian ditemui langsung oleh Dandim 0824 Jember dan melaksanakan breefing kepada Dandim 0824 dan Danramil diruang kerja Komandan Kodim 0824 Jember. (sis24) 
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar