Pangonal Harahap Buka Seminar Sehari PWI Labuhanbatu

Redaksi: Jumat, 08 September 2017 | 00.39.00

Bupati Labuhanbatu, Kadisdik Labuhanbatu, PWI Labuhanbatu dan PWI provinsi Sumut. (Foto: Thamrin Nasution)

LABUHANBATU| HARIAN9 
Seminar sehari  "Tugas dan Fungsi Wartawan" yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu, Kamis(07/09/17) di Wisma Puteri Deli Hotel Rantauprapat dibuka secara resmi Bupati Kabupaten Labuhanbatu, H. Pangonal Harahap, SE.MSi ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada salah seorang peserta.

Peserta dari Seminar sehari ini terdiri dari 19 orang Kepala Sekolah Tingkat SD dan 31 orang Kepala Sekolah Tingkat Lanjutan Pertama.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu,H. Neirul Nizam Aru S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap SE.MSi yang telah berkenan membuka Seminar ini secara resmi dan juga ucapan yang sama kepada Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Sarimpunan Ritonga yang memberikan kesempatan kepada Kepala-Kepala sekolah ini ikut sebagai peserta.

"Tujuan PWI yakni tercapainya cita-cita Rakyat Indonesia sebagaimana diamanatkan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, terwujudnya kehidupan Pers Nasional yang merdeka profesional dan bermartabat. Terpenuhinya hak masyarakat untuk mengetahui dan memperoleh informasi yang objektif," katanya.

"Terwujudnya tugas pengawasan kritik koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum," jelasnya.

Ditambahkannya, Pers disebut pilar keempat demokrasi setelah ekskutif, Legislatif dan Yudikatif, karena besarnya pengaruhnya dalam membentuk pendapat umum.

"Walaupun saat ini pihak Pemerintah belum merancang pendidikan membuat pendidikan Pers ini kepada umum,akan tetapi Pemkab Labuhanbatu yang di Pimpin H. Pangonal Harahap ini, sudah membantu PWi untuk melaksanakan pendidikan ini," tuturnya.

Untuk ini diharapkan kepada seluruh peserta seminar agar benar-benar mengikuti penyampaian dari Ketua PWI Sumatera Utara dan bilamana ada yang perlu dipertanyakan silakan saja ditanya.

"Kami dari pihak penyelenggara Seminar menyampaikan mohon maaf atas kekurangan kami baik dalam penerimaan dan juga hal-hal lainnya.
Semoga tadinya para peserta hadir ketempat ini dalam keadaan sehat walafiat dan demikian juga kembalinya dari ruangan ini," katanya.

Sementara Bupati Labuhanbatu ,H. Pangonal Harahap, SE.MSi dalam kata sambutannya mengatakan bahwa : Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, memberikan apresiasi kepada Ketua PWI Labuhanbatu,yang telah melaksanakan kegiatan  seminar sehari tentang Tugas dan Fungsi Wartawan dalam menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Bupati dalam membangun Kabupaten Labuhanbatu.

"Menurut saya seminar sehari ini banyak sekali manfaatnya kepada kita semua khususnya bagi peserta, sebagaimana kita ketahui bersama, Pers merupakan barisan terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan Pers merupakan mata, telinga dan mulut bangsa sehingga diharapkan agar Pers mampu dalam memberikan informasi dan pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat," jelas Pangonal.

Dijelaskannya, Seminar ini bertujuan untuk menyampaikan tugas dan fungsi wartawan dalam menyebarkan informasi tentang kebijakan Bupati Labuhanbatu khususnya di sektor pendidikan agar terjalin komunikasi yang baik antara Kepala Sekolah/Guru dengan Wartawan.

“Wartawan itu adalah sahabat, teman dan saudara saya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Labuhanbatu, karena informasi itu sangat perlu bagi seorang Kepala Daerah dan perlu saya sampaikan kepada bapak/ibu guru atau Kepala Sekolah untuk langsung menyerap berita-berita yang saya dapatkan dan saya selalu melakukan cek and ricek tentang berita yang di terbitkan oleh media dan saya tidak mau dikatakan orang ‘tipis kuping’ untuk mengambil suatu keputusan,” paparnya.

Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Sumatera Utara H Hermansyah, SE mengatakan, Informasi dan kegiatan pak Bupati ini kan perlu disebarluaskan, kalau hanya bicara paling beberap orang yang mendengar, tapi kalau melalui media tentu yang mengetahui itu sampai kepelosok-pelosok desa, itulah tugas wartawan, tapi hal itu sering dicemari oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Akibat kebebasan Pers sangat menggangu tugas-tugas kami dalam melaksanakan peliputan, padahal tugas kita itu murni untuk melakukan peliputan dan menyebarluaskan informasi, akibat kebebasan Pers itulah makanya orang memandang sebelah mata kepada wartawan," sebutnya.

 “Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah bermitra dengan PWI Labuhanbatu yang telah bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan dan ini juga merupakan suatu terobosan untuk kemajuan Pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Hermansyah.

Seminar sehari ini Nara sumbernya dari PWI Provinsi Sumatera Utara yaitu Ketua PWI Sumatera Utara HHermansyah SE dan Wakil Ketua Bidang organisasi  Drs. Khairul Muslim. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar