Pemkab Labuhanbatu MoU dengan Kejaksaan Negeri Rantauprapat

Redaksi: Kamis, 07 September 2017 | 01.35.00

Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE.MSi dan Kepala Kejari Rantauprapat Steyo Pranoto SH.MH, saat akan menandatangi MoU. (Foto: Thamrin Nasution)


LABUHANBATU| HARIAN9
Pemkab Labuhanbatu dengan Kejaksaan Negeri Rantauprapat, Rabu (06/09/17) melaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) yang dilaksanakan di kantor Kejari Rantauprapat Labuhanbatu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantauprapat, Steyo Pranoto SH.MH. dalam kata sambutannya mengatakan kerja sama ini ditandai dengan adanya kewenangan Kejaksaan sesuai Undang-undang di bidang perdata dan Tata Usaha Negara(TUN).

"Kewenangan yang dimiliki itu dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah yang giat melakukan pembangunan untuk menjalin kerja sama salah satu contoh yakni kewewenangan tetapi berupa upaya untuk pengambilan aset Pemkab yang dikuasai pihak ketiga, retribusi macet dan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)," jelas Steyo Pranoto.

Diharapkannya, kerja sama ini dapat ditindak lanjuti dengan Surat Kuasa Hukum kepada Kejaksaan, seperti untuk menarik aset dari pihak ketiga, retribusi macet dan PBB  sehingga kerja Bupati menjadi lancar dan PAD meningkat.

Selain itu Kejaksaan juga siap mendampingi Pemkab Labuhanbatu untuk melaksanakan pembangunan agar serapannya tinggi.

"Harapan saya serapan pembangunan harus tinggi atau maksimal, saya siap mendampingi dan turun ke lapangan," tuturnya.

Sementara Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE.MSi. mengatakan kerja sama atau MoU ini sudah dibicarakannya dengan Kejari Steyo Pranoto SH.MH  sejak awal bertugas di Labuhanbatu ini. Kepada SKPD yang hadir Pangonal meminta agar meninggalkan paradigma lama yang takut terhadap aparat penegak hukum seperti Jaksa dan Kepolisian.

"Sebelum saya menjadi Bupati, mungkin ada SKPD yang jika berurusan dengan Kejaksaan menyatakan aduh...Mak... Akan tetapi sekarang tinggalkan paradigma lama itu, karena memang Kejaksaan bertugas membantu Pemerintah," katanya.

Selanjutnya Pangonal meminta agar SKPD merespon Kejari Rantauprapat dan memberikan data-data yang dibutuhkan terlebih data-data aset Pemkab Labuhanbatu.

"Kejaksaan adalah sahabat kita membangun daerah ini," tegasnya. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar