Pendamping Desa Kecamatan Manyak Aceh Tamiang Laksanakan Rakor Internal

Redaksi: Kamis, 21 September 2017 | 23.47.00

Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) salah satunya yang bertugas di wilayah Kecamatan Manyak Payed dari 12 kecamatan  Kabupaten Aceh Tamiang, melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) internal  yang berlangsung dikantor UPK Kecamatan Manyak Aceh Tamiang, Rabu (20/9/2017). (Foto: Andi Saputra)

ACEH TAIANG| HARIAN9 
Mengacu pada UU Desa Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa, Program pembangunan dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat dilingkungan pedesaan,  baik itu pembinaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat, dalam pelaksanaan program tersebut.

Anggaran yang bersumber Dari Alokasi Dana Desa ditahun 2017, yang telah tersalurkan kepihak Desa, haruslah mendapatkan pengawasan lebih ekstra dari unsur petugas pendamping Desa profesional, sehingga dalam penggunaan dana desa yang digunakan oleh pihak pemerintahan desa tepat sasaran sehingga masyarakat dapat merasakan kesejahteraan di lingkungan pedesaan .

Dalam hal ini, terkait program dalam membangun desa yang sejahtera melalui anggaran Yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) ditahun 2017, Sebanyak 213 Desa dari 12 Kecamatan dalam Wilayah kerja Lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang khususnya, telah tersebar petugas Pendamping Desa Profesional  dalam melakukan pendampingan dimasing-masing desa guna membantu serta mengawasi dalam setiap pelaksanaan kegiatan yang menggunakan Dana Desa.

Selain itu, Petugas Pendamping Desa Profesional Mulai dari Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) salah satunya yang bertugas di wilayah Kecamatan Manyak Payed dari 12 kecamatan  Kabupaten Aceh Tamiang, melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) internal  yang berlangsung dikantor UPK Kecamatan Manyak Aceh Tamiang, Rabu (20/9/2017).

Pelaksanaan Rakor Internal yang di ikuti dari 9 (sembilan ) orang PLD dan 1(satu) orang Selaku PDT I, Mustafa Kamal langsung memimpin pelaksanaan Rapat Koordinasi hingga selesai.

Mustafa Kamal selaku Pendamping Desa Profesional (PDT I) langsung membawahi dari 9 orang Petugas Pendamping Lokal Desa (PLD) yang bertugas mendampingi 36 desa dari 213 Desa diwilayah Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang memaparkan tentang pelaksanaan dalam pembuatan RKPK dan Data lainnya yang menyangkut dengan program Desa.

Disampaikannya kepada Petugas PLD yang nantinya akan disampaikan dalam mendampingi di setiap masing-masing Desa wilayah kerja lingkungan kecamatan manyak Payed khususnya yang akan memasuki tahun 2018.

"Dan dibulan Oktober  tahun 2017 diminta juga kepada pihak PLD segera melakukan  Pendampingan terhadap perangkat desa dalam proses pembuatan Siskeudes serta pendampingan dalam penyusunan RKPK untuk tahun 2018," ujar Mustafa.

Ditambahkannya, bagi setiap PLD dalam melakukan pendampingan diwilayah desa masing-masing harus benar-benar profesional, dalam penginputan data dari semua anggaran yang telah terserap baik itu pelaksanaan kegiatan fisik, pemberdayaan serta pembinaan harus sesuai dengan laporan yang akan nantinya diserahkan ke pihak Yang berwenang dalam program P3MD wilayah kabupaten yang akan diteruskan kepihak Program P3MD tingkat Provinsi.

"Kepada anggota Petugas Pendamping Lokal Desa (PLD), agar lebih bertanggung jawab dalam bertugas  melakukan pendampingan di desa masing-masing, selalu melakukan koordinasi kepada pihak perangkat pemerintahan kampung dan selalu meningkatkan kualitas dalam sebuah kinerja agar lebih baik kedepannya selaku pendamping desa profesional," harapnya.

Di samping itu, seusai pelaksanaan Rakor intetnal, saat ditemui oleh pihak wartawan Online Harian9.com dikantor UPK Kecamatan Manyak Payed, Mustafa Kamal selaku PDT I menjelaskan. 

"Rapat Koordinasi Internal yang dilakukan oleh pihak PD dan PLD wilayah Kerja lingkungan Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang khususnya, rutin dilaksanakan dalam satu bulan sekali, yang pada dasarnya rakor internal ini guna mengevaluasi dari hasil setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak PLD, sehingga dengan adanya rakor internal ini pun mengubah bagi setiap PLD agar lebih bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dari yang tidak baik dalam bertugas agar menjadi lebih baik lagi dalam bertugas menjadi pendamping desa yang profesional," jelasnya. (Andi9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar