Peringatan Muharram 1439 H dan Penepung Tawaran Jemaah Haji

Redaksi: Jumat, 29 September 2017 | 01.33.00

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dalam sejumlah rangkaian acara Peringatan Muharram 1439 H dan Penepung Tawaran Jema’ah Haji asal Langkat yang berlangsung di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Kamis (28/9). (Foto: Hermansyah)


STABAT| HARIAN9
Rangkaian kegiatan warnai peringatan Muharram 1439 Hijriyah dan Penepung tawaran Jema’ah Haji asal Kabupaten Langkat yang berlangsung di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Kamis (28/9).

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Windi Prastika yang juga Qoriah terbaik II remaja putri MTQ Kabupaten Langkat tahun 2017 dan pembacaan Sari Tilawah dari Wardatun Hayani.

Selanjutnya, penyerahan santunan kepada 50 orang anak yatim yang diserahkan oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dan unsur Forkopimda Kabupaten Langkat yang hadir, diantaranya adalah Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana Perangin-angin dan Kapolres Langkat AKPB Dede Rojudin, Dandim 0203 Langkat Letkol Arh.Deddy Rahmayanto.

Kemudian, pemberian bantuan dari Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH kepada masyarakat Tauladan Langkat untuk menunaikan iabadah haji tahun pendaftaran 2017, kepada 9 orang yaitu bapak Amir Hamzah (Guru TPQ Desa Blangkahan Kecamatan Kuala), M. Ishaq Yusuf (Guru TPQ Desa Serang Jaya Hilir Pematang Jaya), Dharma Yudha (tokoh masyarakat Desa Padang Brahrang Selesai), Abdulah (tokoh agama di Desa Aman Damai Sirapit), Latifah Hanum (tokoh perempuan Kelurahan Kw. Begumit Kecamatan Binjai), Abdul Khalik Siregar (Guru TPQ di Desa Selotong), Salamudin (PNS Golongan II Kecamatan Besitang), Amirulah Sani (PNS Golongan II Bagian Penram Setdakab. Langkat) dan Aminullah (PNS Golongan II Penjaga SD 050644 Pekan Bahorok).

Setelah itu, penyerahan bingkisan pribadi Bupati Langkat, Ketua DPRD Langkat dan dari Anggota DPR RI Deli Pratiwi Br Sitepu dan Pengurus BKPRMI kepada seluruh Jema’ah Haji yang diberikan secara sombolis kepada H. Marganti Daulay, H. Syaiful Anwar, Hj Misni Ernawati dan Hj Iflahiyah.

Pentausyiah yang disampaikan oleh Al-Ustadz Dr. Azhar Sitompul, MA yang didengarkan langung oleh hadirin diantaranya, sejumlah Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, Kepala BNNK Langkat AKBP Ahmad Jaini, para Camat se-Kab.Langkat, Ketua MUI Langkat Buya H. Ahmad Mahfudz, Ketua Baznas Langkat KH. Abdurahman dan undangan lainnya.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dalam sambutannya mengatakan, tahun baru Islam 1439 H adalah momentum untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai bidang, tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Maknai Hijriyah dengan berpindah dari yang kurang baik kepada yang lebih bagik sebagai kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah secara ikhlas,” ujarnya.

Terkait dengan Penepung Tawaran Jema’ah Haji, Bupati Langkat mengatakan bahwa Kemabruran Haji menjadi ukuran bagi seseorang, manakala ia kembali dan bergaul ditengah-tengah masyarakat.

“Pribadi lebih baik, ibadah lebih terjaga, prilaku lebih beradab dan rasa kepedulian sosial menjadi lebih tinggi,” katanya.

Ngogesa berharap, seluruh Jemaah Haji dapat menjaga Nilai Kemabruran Haji tersebut dan mampu menjadi sosok motivator sekaligus tauladan ditengah-tengah masyarakat.

Ketua Panitia kegiatan yang juga Sekdakab. Langkat dr. H. Indra Salahudin menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati masuknya tahun baru Muharram 1439 H dan syukuran atas kembalinya Jemaah Haji Langkat.

“Dengan kegiatan ini, kelestarian adat budaya kebiasan masyarakat Langkat dalam menyambut masuknya tahun baru Islam dan menyambut keluarga yang baru pulang dari Tanah Suci tetap terjaga sampai selamanya,” sebutnya.

Sesuai laporannya, Indra menjelaskan, 3 orang Jemaah Haji asal Langkat yang meninggal dunia, yakni Almarhum Nurhayati Binti Abdul Murni (64 tahun asal Kecamatan Padang Tualang), Alamarhum Napih (59 tahun asal Kecamatan Stabat) dan Tudin Bin Ulung (79 tahun asal Kecamatan Tanjung Pura). (HS9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar