Razia Warnet yang Melanggar Perda No 1 Tahun 2010

Redaksi: Selasa, 26 September 2017 | 21.44.00

Satpol PP Kabupaten Langkat  melakukan razia terhadap Warung Internet (Warnet) di Kota Stabat Jl KH Zainal Arifin, Razia pertama dilakukan pada Senin (25/9) malam. (Foto: Hermansyah)


STABAT| HARIAN9 
Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Langkat  melakukan razia terhadap Warung Internet (Warnet) di Kota Stabat Jl KH Zainal Arifin, Razia pertama dilakukan pada Senin (25/9) malam.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan dan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Langkat, Faisal Badawi, S, Sos mengatakan dalam razia tersebut sejumlah Warnet kembali mendapakan teguran karena ditemukan masih beroperasi lewat dari batas waktu ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 1 Tahun 2010 tentang ketertiban umum.

“Adapun lokasi terjaringnya Warnet  dalam gelaran razia pertama ini antara lain di kawasan Jl KH Zanal Arifin Stabat Warnet Dian (Arsyad Net) ungkapnya," Senin (25/9) malam tepatnya pukul 22.55 wib.

Dari hasil pengecekan di lapangan Warnet Dian tidak ditemukan izin tempat izin usaha warnet, berdasarkan peraturan Kabupaten Langkat No 01 Thn 2010 tentang standatrisasi prosudur pelayanan pada kantor pelayanan terpadu Kabupaten Langkat, maka warnet Dian dapat dikenakan sangsi hukuman 3 bulan kurungan atau berupa denda 50 juta sesuai dengan pasal 216 KUHP.

Faisal,  menuturkan warnet Dian  yang terjaring dalam razia kita kasih surat panggilan No: 83/POL-PP/2017 untuk datang kekantor satpol PP di mintai keterangan dan izin oprasi.

“Pada saat kita jaring ada yang di jam 23.35, ada yang 24.00 ada juga yang di atas itu, karena Warnetnya masih buka,” ujar Faisal Badawi.

Operasional Warnet dimulai dari jam 07.00 sampai jam 23.00 WIB dan kami memberi sangsi kepada pemilik Warnet apa bila tidak mengindahkan.

“Pemilik terancam Tipiring dengan denda maksimal sesuai yang disebutkan dalam Perda Rp50 juta dengan subsider apabila dia tidak mampu membayar hukuman kurungan maksimal tiga bulan,” jelasnya.

Dalam operasi penegakan pertama perda warnet melibatkan Tim Sabara Polres Langkat, Denpom PM Binjai-Langkat dan selanjutnya oprasi setiap malam harinya akan dilaksakan Tim Sabara Polres Langkat. (hs9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar