RSUP H Adam Malik Rawat Jenazah Mr X Tanpa Keluarga

Redaksi: Sabtu, 09 September 2017 | 12.19.00



MEDAN| HARIAN9 
RSUP H Adam Malik merawat satu jenazah Mr X di Instalasi Pemulasaran Jenazah, yang sampai saat ini belum dijemput oleh keluarganya.

Jenazah Mr X ini tidak diketahui identitas diri dan identitas keluarganya secara jelas dan lengkap, sehingga petugas dari RSUP H Adam Malik sampai sekarang belum bisa menyerahkan kepada keluarga yang bersangkutan untuk penanganan selanjutnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Humas RSUP H Adam Malik Masahadat Ginting SE di ruang kerjanya pada Rabu (06/09/2017).

Jenazah Mr X ini sudah berada di Instalasi Pemulasaran Jenazah RSUP H Adam Malik sejak Jumat, 25 Agustus 2017. Namun, sampai saat ini belum ada pihak keluarga yang mencari atau menjemputnya, sehingga jenazah masih dalam perawatan petugas jenazah. 

Pihak RSUP H Adam Malik sendiri juga sudah berusaha menelusuri alamat jenazah, namun masih belum menemukan hasil dan sama sekali tidak ada pihak keluarga yang bisa dihubungi.

“Pasien ini sempat dirawat di ruangan rawat inap setelah masuk ke Instalasi Gawat Darurat pada tanggal 21 Agustus 2017. Namun, karena kondisinya sangat lemah dan kesadaran menurun akibat dari kondisi penyakitnya yang sudah memasuki Stadium IV, maka tim dokter yang merawat tidak bisa lagi menyelamatkannya. Sampai saat ini, jenazah masih dalam perawatan Instalasi Pemulasaran Jenazah,” jelas Masahadat berdasarkan keterangan dari Direktorat Medik dan Keperawatan RSUP H Adam Malik.

Sementara itu, menurut keterangan dari Instalasi Rawat Inap Terpadu, pasien sempat mengaku bernama Kiki dan beralamat di Jalan Bunga Pancur Nomor 9 Medan. 

Pasien juga mengaku tidak memiliki keluarga. Selain itu, petugas sama sekali tidak menemukan tanda pengenal dan kartu identitas lain dari yang bersangkutan selama perawatan.

Oleh karena itu, Masahadat berharap ada pihak keluarga yang membaca atau  mengetahui pemberitahuan ini, sehingga jenazah bisa diserahkan untuk penanganan selanjutnya. 

"Kami berharap jika ada masyarakat yang merasa kehilangan atau mengenalnya, bisa datang ke RSUP H Adam Malik, agar jenazah bisa diserahkan kepada keluarga untuk dikebumikan sebagaimana mestinya,” harapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan dari Bidang Pelayanan Medis RSUP H Adam Malik sepanjang tahun 2016 telah menerima pasien Mr X sebanyak 13 orang. 

“RSUP H Adam Malik sendiri sebagai rumah sakit pemerintah akan menerima semua masyarakat yang datang berobat dalam kondisi apapun, tanpa membeda-bedakan, termasuk pasien Mr X. Kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan maksimal bagi semua masyarakat,” pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar