RSUP HAM Beri Pelatihan Cohort Review TB RO Bagi RS Sub Rujukan di Sumut

Redaksi: Kamis, 14 September 2017 | 15.54.00


Ketua Tim Manajemen Terpadu Pengendalian TB RO (MTPTRO) RSUP H Adam Malik dr Parluhutan Siagian SpP(K) FISR dalam Pelatihan Cohort Review TB RO bagi RS sub rujukan di Sumut (Foto: Jaenal Abidin)

MEDAN| HARIAN9
RSUP H Adam Malik memberikan Pelatihan Cohort Review Tuberkulosis Resistan Obat (TB RO) bagi rumah sakit sub rujukan di wilayah Sumatera Utara di Royal Suite Condotel, Medan, Rabu-Kamis (13-14/09/2017).

Pelatihan ini difasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut bersama KNCV TB Challenge, organisasi non-pemerintah dari United States Agency for International Development (USAID). Dalam pelatihan ini dibahas mengenai proses pelaksanaan telaah cohort pengendalian penyakit TB RO. 

Untuk di wilayah Sumut, RSUP H Adam Malik merupakan rumah sakit yang sudah rutin melaksanakannya sejak 2015. Sementara, pelayanan pemeriksaan TB di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini dimulai pada 2012, dan sudah dilakukan pengobatan terhadap 503 pasien hingga bulan Desember 2016. Selain itu, Laboratorium Mikrobiologi RSUP H Adam Malik juga sudah melakukan pemeriksaan TB RO sesuai Standar Nasional TB RO melalui tes cepat molekuler (TCM) sejak 2013.

"RSUP H Adam Malik sebagai salah satu rumah sakit di Indonesia yang dipilih menjadi Center of Exelent untuk pelayanan TB RO, maka harus melakukan evaluasi pelayanan TB RO melalui pelaksanaan rutin telaah cohort TB RO. Dalam hal ini, RSUP H Adam Malik ditunjuk sebagai supervisor untuk telaah cohort TB RO di Sumut,” jelas Kepala Seksi Pelayanan Medis Rawat Inap RSUP H Adam Malik dr Maliana MKes mewakili manajemen RSUP H Adam Malik dalam pembukaan pelatihan ini, Rabu (13/09/2017).

Materi pelatihan ini sendiri disampaikan oleh Tim Manajemen Terpadu Pengendalian TBRO (MTPTRO) RSUP H Adam Malik, di antaranya ketua dr Parluhutan Siagian SpP(K) FISR dan koordinator laboratorium mikrobiologi Dr dr Lia Kusumawati MS SpMK(K). Pada hari pertama pelatihan, narasumber menyampaikan semua tahapan telaah cohort TB RO, mulai dari penegakan diagnosis, pengobatan, pelacakan pasien yang putus berobat, hingga pemaparan kasus-kasus sulit dalam penanganan TB RO di rumah sakit.

Sedangkan pada hari kedua, narasumber melakukan simulasi telaah cohort TB RO yang selama ini sudah dilaksanakan di RSUP H Adam Malik, agar bisa dipelajari para peserta pelatihan.  Melalui pelatihan ini, diharapkan rumah sakit sub rujukan di Sumutjuga bisa melaksanakan telaah cohort TB RO. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pelayanan TB RO oleh rumah sakit sub rujukan.

Sementara itu, pesertanya berasal dari Dinkes Provinsi Sumut, Dinkes Kota Medan, RSUP H Adam Malik, serta dua rumah sakit sub rujukan di wilayah Sumut, yakni RSUD Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar dan RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. 

Sebagai informasi, kedua rumah sakit umum daerah ini sudah melaksanakan pelayanan TB RO dan TCM. Mereka juga sudah mendapat alat TCM dari Kementerian Kesehatan RI untuk penegakan diagnosa penyakit TB RO. (jae9)

Komentar