Tipu Teman SMP Rp.15 Juta, Boru Barus Diamankan Polsek Medan Sunggal

Redaksi: Jumat, 29 September 2017 | 23.15.00

Penipu teman SMP sebesar Rp 15 Juta diapit dua penyidik Polsek Sunggal. (Foto: Joko Hendro)

MEDAN| HARIAN9
Karena menipu teman SMP sebesar Rp 15 Juta, Rita Rozally Boru Barus (45) warga Jalan Tanjung Balai No. 1 Desa Sunggal Kanan Kabupaten Deli Serdang diamankan personel Reskrim Polsek Medan Sunggal.

Informasi diperoleh, Kamis 8 Juni 2017 sekira pukul 11. 00 WIB, Rita Rozally Boru Barus  menemui teman semasa SMPnya bernama, Hotminton Nainggolan (46) warga Jalan Sunggal depan Komplek Griya Sunggal.

Setelah berjumpa di Pos Security Perumahan tersebut, Boru Barus berniat meminjam uang sebanyak Rp.15 Juta kepada temannya yang kini telah menjadi anggota TNI dengan alasan untuk menebus paket (kiriman) temannya dari Inggris.

Menurut Boru Barus bahwa paketnya bermasalah di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sehingga harus diurus dan dia diwajibkan oleh pihak Bea Cukai untuk membayar tebusan paket tersebut dengan total Rp.35 juta, sehingga dirinya memutuskan untuk meminjam uang temannya sewaktu duduk di bangku SMP.

Merasa yakin dan percaya, akhirnya anggota TNI itu menyerahkan uangnya sebanyak Rp.15 Juta kepada temannya yang berjanji akan mengembalikannya dalam waktu dua hari.

Tapi setelah uang itu diserahkan, ternyata Boru Barus tidak menepati janjinya dan, Rabu 12 Juli 2017 Nainggolan yang merasa jadi korban membuat laporan pengaduan ke Polsek Medan Sunggal.

Dan lebih kurang tiga bulan diburon, akhirnya Rabu 27 September 2017, tersangka Boru Barus berhasil diamankan personel Reskrim. Dari tangannya disita barang bukti 1 lembar kwitansi tanda terima pinjaman uang sebanyak Rp.15 Juta.

Kapolsek Sunggal Kompol Daniel Marunduri, SH, SIK, MH, melalui Kanit Reskrim Iptu Martua Manik, SH, MH, kepada Wartawan, Jumat (29/9/2017) sore membenarkan penangkapan tersebut.

"Atas perbuatannya, tersangka dikenakan melanggar Pasal 378 dan Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," jelas mantan Panit Reskrim Polsek Delitua. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar