Walikota Padangsidimpuan: Tahun Baru Islam Momentum Mengkaji Diri

Redaksi: Selasa, 26 September 2017 | 21.58.00

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap. (Foto: net)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap bersama ribuan jamaah menghadiri  Doa dan Dzikir Bersama  dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Kamis (21/9) malam.

Acara Doa dan Dzikir Bersama dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH bersama sejumlah anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, unsur Muspida, Sekda Kota Drs. H. Zulpedi Simamora, MM, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Padangsidimpuan, Camat, Lurah, alim ulama, tokoh masyarakat serta ibu-ibu pengajian.

Dalam kesempatan itu, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap mengatakan acara peringatan Tahun Baru Islam ini merupakan momentum yang tepat untuk mengkaji kembali apa yang telah dilakukan selama tahun lalu.

“Ini momentum kita untuk mengkaji diri apa yang telah kita lakukan selama tahun lalu, baik yang berhubungan dengan ibadah kepada Allah SWT maupun hubungan sesama manusia sebagai mahkluk sosial. Disamping itu perlu juga dikaji kembali peran serta kita dalam mensukseskan pembangunan di Kota Padangsidimpuan,” ujar Andar.

Lebih lanjut Andar mengatakan, satu hal yang penting menjadi perhatian dalam menyambut tahun baru Islam ini adalah bagaimana upaya kita, untuk mendorong peningkatan semangat dan kemauan kita dalam merubah sikap mental individu sebagai upaya dalam proses kebangkitan dunia Islam ke depan.

“Sebagaimana kita ketahui hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah telah membawa perubahan dari zaman jahiliyah menuju peradaban yang mahdaniah di bawah naungan cahaya Ilahi,” tuturnya.

Diharapkannya, melalui momentum ini, umat Islam dapat memaknai hijrah sebagai momentum perubahan diri menjadi lebih baik, hijrah mengandung makna pemisah yang benar dan yang bathil, mengubah mental perilaku dari yang tidak baik menjadi baik.

“Perubahan itu memang tidak mudah tapi kita terus berupaya untuk melakukan perubahan, seperti dalam pemerintahan kita juga terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, mudah-mudahan momen ini dapat menjadikan Pemko Padangsidimpuan dapat lebih baik lagi ke depannya,” papar Andar.

Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH berharap agar Tahun Baru Islam 1439 H ini menjadi momentum bagi semua untuk merefleksi diri agar menjadi lebih baik lagi.

Di samping itu Ketua DPRD ini juga mengajak seluruh umat untuk bersama-sama membangun Kota Padangsidimpuan yang dilandasi dengan rasa keimanan  dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Insya Allah dengan semangat Tahun Baru Islam 1439 H ini, mari  terus kita memperbaiki diri untuk menjadi insan-insan yang lebih baik lagi ke depannya. Di samping itu bersama dengan pemerintah, mari kita bersama-sama membangun kota yang kita cintai sehingga terwujud  pembangunan seperti yang kami cita-citakan bersama,“ kata Taty.

Taty juga berharap semoga tahun baru Islam ini dibarengi dengan peningkatan ketaqwaan, jangan jadikan kegiatan ini kegiatan seremonial belaka.

“Mari bergandengan tangan, untuk mensukseskan sebagai umat yang beragama membangun Kota Padangsidimpuan bersama,“ katanya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 








Komentar