Yayasan Jantung Indonesia Cab Sumut Gelar Seminar Berbagi Kekuatan Jantung

Redaksi: Jumat, 29 September 2017 | 13.46.00

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sumatera Utara Rita Maharani. (Foto: Jaenal Abidin)

MEDAN| HARIAN9
Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2017, Yayasan Jantung Indonesia cabang Sumatera Utara (Sumut) menggelar Seminar dengan tema Berbagi Kekuatan Jantung, di Rumah Sakit Columbia Asia Medan, Jumat (29/9/2017).

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sumut Rita Maharani mengatakan, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. 

Sebanyak 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31 persen dari kematian di seluruh dunia. 

Dan dari seluruh kematian akibat penyakit kardiovaskuler, 7,4 juta (42,3%) diantaranya disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan 6,7 juta (38,3%) disebabkan oleh stroke.

Namun Rita menegaskan, penyakit jantung dapat dicegah dengan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, banyak berolahraga dan berhenti merokok.

Kehidupan masyarakat modern sekarang ini telah mengubah manusia menjadi kurang bergerak aktif karena banyak dibantu fasilitas canggih, sehingga kinerja motorik otot tubuh berkurang. 

"Kebiasaan bangsa kita dari berjalan kaki diganti menjadi naik kendaraan dan diperparah dengan konsumsi makanan instan yang tidak seimbang. Tidak diimbangi dengan buah dan sayur serta konsumsi air secukupnya," kata Rita.

Seminar Berbagi Kekuatan Jantung menghadirkan Prof dr Sutomo Kasiman SpPD, SpJP sebagai pembicara dan diikuti seratusan peserta dari Yayasan Jantung Indonesia dan jurnalis. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar