1.029 Personel Gabungan Amankan Kunker Jokowi Di Sumut

Redaksi: Sabtu, 14 Oktober 2017 | 01.21.00

Pangdam I/BB Mayjen TNI H. Cucu Somantri, S.Sos didampingi Kapoldasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, SH, cek persiapan personel dalam pengamanan Presiden. (Foto: Joko Hendro)


MEDAN| HARIAN9
Sebanyak 1.029 Personel gabungan akan diturunkan dalam pengamanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan berkunjung ke Sumatera Utara, sejak Jumat 13 hingga Minggu, 15 Oktober 2017.

Dalam kunjungannya, Presiden diagendakan akan mengunjungi lokasi pengungsian korban Erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar Kabupaten Karo serta meninjau Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara.

Untuk mengamankan kunjungan orang nomor 1 di Indonesia itu, disiagakan sebanyak 1.029 personel pengamanan yang terdiri dari unsur Polri dan TNI. 

“Kami siagakan 1.029 personel yang terdiri dari 300 personel Polri, 669 personel TNI AD serta 60 personil TNI AU,” kata Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting, SH, Kamis (12/10/2017).

Untuk memaksimalkan pengamanan Presiden, terlebih dahulu Polda Sumut dan TNI melakukan Apel Gelar Pasukan yang langsung dihadiri Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, SH, bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI H. Cucu Somantri, S.Sos, didampingi para Pejabat Utama Polda Sumut maupun Kodam I/BB di Lapangan Benteng, Kamis (12/10/2017) sekira pukul 13.30 WIB.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut menyampaikan kepada seluruh personil untuk mengamati dan cermati setiap pelaksanaan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing dan melaksanakannya dengan hati dan meminta kepada para perwira harus mengenali anggotanya dan menempatkannya sesuai tugasnya dengan baik.

"Cintai dan maknai tugas dengan loyalitas yang tinggi, fokuskan perhatian pada kegiatan sampai kegiatan berakhir, jangan lengah dan tetap waspada terhadap sesuatu apapun yang terjadi di lapangan,” terang mantan Wakabaintelkam Polri.

Sementara Pangdam I/BB juga menyampaikan kepada para personil bahwa keberadaan TNI-Polri adalah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan yang diamanatkan UU kepada TNI-Polri dan solidaritas TNI-Polri sebagai pondasi dalam bertugas dan bernegara.

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB juga menyempatkan diri mengecek kesiapan para personil dan cek kelengkapan senjata setiap personil.

“Tanamkan bahwa ini adalah panggilan tugas kita sebagai prajurit TNI dan Polri. Kita hadir untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanatkan UU kepada kita. Terimakasih atas kekompakan dan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini di Sumut. TNI-Polri Solid,” jelas Cucu yang sebelumnya menjabat Kaskostrad. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar