186 Orang Peserta Ikut Tes Tertulis Untuk Calon Anggota Panwascam

Redaksi: Minggu, 01 Oktober 2017 | 13.41.00

Panwaslih Kabupaten Paluta memusnahkan naskah soal dan sisa lembar jawaban, disaksikan peserta, usai pelaksanaan tes tertulis perekrutan Panwascam yang di Gedung YPIPL Gunungtua, Sabtu (30/9). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar tes tertulis calon anggota Panitia pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk 9 kecamatan di Gedung Yayasan Pendidikan Islam Padang Lawas (YPIPL) di Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, Sabtu (30/9).

‎Ketua Pokja rekrutmen Panwascam se Kabupaten Paluta Marakali Harahap yang juga menjabat sebagai ketua Panwaslih Kabupaten Paluta menyebutkan, peserta tes tertulis ini berjumlah 186 orang yang merupakan hasil seleksi berkas pendaftaran. Namun, saat pelaksanaan tes tertulis ini, dari 186 peserta yang terdaftar, hanya 173 orang yang hadir dan mengikuti tes tertulis karen 13 orang lainnya tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas.

“Ada ‎186 peserta yang terdaftar, tapi cuma 173 peserta yang hadi, sementara untuk 13 orang tidak hadir panitia telah menyatakan gugur untuk ikut test,“ ujarnya.

Disebutkannya, tes tertulis yang berlangsung selama 90 menit ini untuk perekrutan Panwascam dari 9 Kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Paluta. Sedangkan soal tes tertulis berjumlah 100 soal pilihan ganda yang materinya berkaitan dengan perundang-undangan, kepemiluan, pengawasan dan wawasan pengetahuan umum yang kesemua soal tersebut berasal dari Bawaslu Sumut.

Hal senada juga disampaikan komisioner Panwaslu Paluta lainnya Panggabean Hasibuan dan Mus Muliadi Siregar yang mengatakan bahwa ‎hasil kerja seluruh peserta ini nantinya akan dikoreksi tim Panwaslih Kabupaten Paluta didampingi Bawaslu Sumut.

Usai pelaksanaan tes tertulis katanya, seluruh soal yang diterima yang berjumlah 200 rangkap soal ditambah sisa lembar jawaban sebanyak 27 rangkap dimusnahkan dengan cara dibakar yang dilakukan di pelataran Gedung YPIPL Gunungtua disaksikan oleh seluruh peserta dan seluruh pihak yang hadir.

“Selesai pelaksanaan tes, seluruh soal beserta sisa lembar jawaban sudah kita musnahkan dengan disaksikan oleh peserta dan pihak yang hadir,“ tegasnya.

Dikatakannya, sesuai dengan jadwal timeline dari pihak Bawaslu Sumut, hasil tes tertulis ini dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 2-3 Oktober mendatang dan hasil pengumuman ini dapat dilihat di kantor Panwaslih Kabupaten Paluta atau panitia akan menghubungi yang bersangkutan yang dinyatakan lulus melalui SMS untuk mengikuti tes selanjutnya.

Sementara untuk pelaksanaan tes wawancara dijadwalkan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Sedangkan untuk pengumuman hasil tes wawancara dijadwakan pada tanggal 7 Oktober dan pelantikan dijadwalkan tanggal 9 Oktober.

Dikatakannya, pada tes tertulis juga dihadiri oleh pihak Bawaslu Sumut diantaranya A Rahman Siregar dan Rudi yang mengantarkan materi soal naskah, memandu dan membawa hasil tes.

“Melalui berbagai tahapan seleksi, kita berharap akan terpilih panwascam yang benar-benar kompeten, berintegritas tinggi dan punya komitmen terhadap tugas-tugasnya,“ harap mereka. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

                                                                                              





Komentar