MAK I Dalam PPID Digelar Di Kantor Kecamatan Manyak Payed

Redaksi: Kamis, 12 Oktober 2017 | 00.36.00



ACEH TAMIANG| HARIAN9
Mengacu pada undang - undang desa nomor 06 tahun 2014 tentang desa dalam program pembangunan , pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam ruang lingkup wilayah desa. Sehingga menjadikan masyarakat desa lebih sejahtera dan lebih berinovatif dalam membangun desa. 

Hal itu disampaikan Pendamping Desa (PD-TI) Wilayah kerja lingkungan Kecamatan Payed Aceh Tamiang Mustafa Akmal, ST, dalam Musyawarah Antar Kampung (MAK) I dalam Pengelolaan Pengetahuan Dan Inovasi Desa (PPID) di aula Kantor Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (11/10/2017).

Dari hasil pengamatan pihak wartawan online Harian9.Com dalam pelaksanaan musyawarah tersebut, dihadiri oleh WAN Irwansyah,S.Sos selaku Camat Manyak Payed, Tenaga Ahli (TA) P3MD Kabupaten Aceh Tamiang, Pendamping Desa (PD), PLD dan para Datok Penghulu wilayah kerja Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang.

Disamping itu, dalam pelaksanaan musyawarah tersebut yang terus berlangsung, Wan Irwansyah, S.sos selaku Camat Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang memilih dari 7 (Tujuh) Orang Datok Penghulu yang mewakili dari yang hadir, guna dalam Pembentukan Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) diantaranya "zakaria yang ditunjuk langsung oleh camat sebagai Ketua , Alimin sebagai bendahara, Johan Taruna selaku Bidang Pengelolaan Praktek cerdas, Nurvani Selakau bidang Pengelolaan Praktek Cerdas, dan Mukhtaruddin sebagai Verifikasi Inovasi, Nurjanah Bidang Verifikasi Inovatif Serta A.amanf sebagai Bidang Verifikasi Inovatif.

Seusai pelaksanaan Musyawarah Kampung tersebut dilaksanakan, Mustafa Akmal, ST selaku Pendamping Desa (PD-TI) Wilayah kerja lingkungan Kecamatan Manyak Payed menjelaskan kepada Pihak wartawan Online Harian9.com bahwa "pelaksanan Musyawarah Antar Kampung (MAK) I dalam Pengelolaan Pengetahuan Dan Inovasi Desa ini  baru yang pertama kalinya dilakukan dan hanya dikecamatan Manyak Payed yang melaksanakan  dari 12 (Dua Belas) Kecamatan yang ada diwilayah Kerja Kabupaten Aceh Tamiang "ungkapnya".

Lebih Lanjut, Mustafa yang sering disapa,  selaku Pendamping Desa (PD-TI) mengatakan "Musyawarah Antar Kampung ini dalam Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa Hasil yang didapat dalam pelaksanaan Rakor besar program P3MD seAceh yang dilaksanakan di provinsi Aceh pada Minggu yang lalu, salah satunya yang disampaikan adalah terkait Inovasi dalam Membangun desa, hal ini lah yang mendorong saya segera disampaikan kepada pihak - pihak desa teruma dikecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang Khususnya "ungkap Mustafa Akmal"

Dikatakannya, pelaksanaan Musyawarah Antar Kampung dalam pengelolaan pengetahuan dan Inovasi Desa tidak hanya diKecamatan Manyak Payed saja tapi juga harus dilakukan di 12 Kecamatan se Aceh Tamiang. Sehingga dengan adanya pelaksanaan pengelolaan tentang pengetahuan inovasi desa, disetiap desa-desa dapat melakukan dan memperdayakan potensi- potensi yang telah tersedia didesa wilayah desa masing-masing.  

Diharapkannya, bagi para Datok penghulu dari 36 desa wilayah kerja kecamatan Manyak Payed setelah dapat memahami tentang pengelolaan pengetahuan Tentang inovasi desa, agar lebih berkarya dan berinovasi lebih jauh dalam pengelolaan sumber daya alam yang telah tetsedia, Dalam Membangun desa yang lebih mandiri dan sejahtera. (Andi9).


Komentar