Bandar Narkoba Dilumpuhkan Dengan Timah Panas

Redaksi: Sabtu, 07 Oktober 2017 | 08.31.00

HN alias Lando yang diduga Bandar narkoba dilumpuhkan anggota Sat Resnakoba Polres Padangsidimpuan karena hendak melarkan diri saat dibawa petugas sedang diwawancarai wartawan di Mapolres Padangsidimpuan, Jumat (6/10). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Peringatan keras kembali dilakukan oleh jajaran kepolisian dalam melawan bandar narkotika. Kali ini, Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan membekuk dan melumpuhkan HN alias Lando (30) di Desa Aek Tuhul Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, yang merupakan pengedar barang haram Narkotika jenis sabu di wilayah Kota Padangsidimpuan, Jumat (6/10) sekira pukul 01.00 WIB.

Tersangka HN alias Lando warga Jalan Imam Bonjol Gg. Halim Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan terpaksa di lumpuhkan oleh petugas karena mencoba melarikan diri saat dilakukan pengembangan oleh petugas.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita barang bukti dua bungkus plastik transparan berisi shabu seberat 19,43 gram, satu buah timbangan elektrik, satu unit handphone merek Nokia, satu buah kaleng kotak rokok dan satu unit mobil Toyota Corolla warna Biru No Pol BA 1856 AN

Informasi yang di himpun, sekira Pukul 12.10 WIB, petugas Sat Resnarkoba Padangsidimpuan mendapat informasi bahwa tersangka HN alias Lando sedang membawa narkotika berada di Desa Siloting Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua dengan mengendarai mobil Toyota Corolla No Pol BA 1856 AN warna biru.

Atas informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan setelah menemukan mobil yang dimaksud petugas melakukan pengintaian. 

Setelah yakin tersangka sedang mengenderai mobil tersebut, petugas langsung menghentikan mobil milik tersangka, namun tersangka yang sudah nekad bukan malah mengentikan kenderaan.

Tetapi semakin tancap gas dan menambah kecepatan mobil, sehingga terjadi kejar kejaran hingga sampai di daerah Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan.

Saat terjadi kejar-kejaran, tersangka mencoba mengecoh petugas dengan membuang sesuatu ke semak-semak tepi jalan. Tapi petugas tidak berhenti melakukan pengejaran, hingga akhirnya berhasil menghentikan kenderaan yang dikemudikan tersangka di Desa Aek Tuhul Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dari dalam mobil ditemukan satu buah timbangan elektrik dan satu bungkus plastik transparan berisi shabu. 

Selanjutnya tersangka dibawa petugas untuk pengembangan, namun saat pengembangan sedang berjalan, tersangka melarikan diri sehingga petugas terpaksa melumpuhkan tersangka dengan tembakan kearah kaki, menyebabkan tersangka tersungkur dan langsung di borgol petugas.

Setelah tersangka dilumpuhkan, petugas langsung memboyong tersangka ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan untuk mengeluarkan material peluru dari kaki tersangka dan selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Satse Resnarkoba guna proses pemeriksaan.

Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Andi Nurwandy,S.Ik melalui Kasat Resnarkoba. AKP. CJ. Panjaitan, SH yang dikonformasi membenarkan penangkapan bandar narkoba jenis sabu di wilayah Kota Padangsidimpuan tersebut.

“Penangkapan tersangka, setelah anggota kita melakukan pengintaian dan menunggu pelaku melintas di jalan desa tersebut dengan mengenderai mobil milik tersangka. Tersangka terpaksa kita lumpuhkan dengan tembakan di kaki karena melarikan diri saat dibawa petugas untuk proses pengembangan,“ ujar AKBP Andi Nurwandy.

Ditambahkannya, pelaku ini selain diduga bandar narkoba juga diduga sebagai pengedar narkoba jenis shabu. 

“Tersangka ini diduga tidak hanya bandar narkoba namun juga sebagai pengedar jenis sabu,"  kata Kapolres seraya menegaskan akan terus memburu para bandar dan pengedar narkoba, serta dengan tegas menyatakan perang dan akan terus memberantas narkoba di wilayah hukumnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar







Komentar