Bea Cukai Batam Ekspos Hasil Penindakan Sebesar Rp. 8,145 Miliar

Redaksi: Minggu, 08 Oktober 2017 | 06.13.00

KPU Bea dan Cukai tipe B Batam menggelar exspos hasil penindakan selama 9 bulan terakhir di aula lantai 3 KPU BC Batam (Foto: Agus)

BATAM| HARIAN9  
Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai tipe B Batam menggelar ekspos hasil penindakan selama 9 bulan terakhir di aula lantai 3 KPU BC Batam kamis (5/10/2017).

Kepala Bidang Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (Kabid BKLI)  Bea dan Cukai Batam R. Evy Suhardiyanto di dampingi Kepala Bidang penindakan dan penyidikan (Kabid P2) Akhiyat Mujayin  dalam konfrensi pers menjelaskan Bea Cukai Batam telah melakukan penindakan terhadap 496 pelanggaran di sektor kepabeanan dan 77 pelanggaran di sektor cukai.

“Estimasi total kerugian negara mencapai Rp. 8,14 miliar,” jelas R.Evi kepada awak media.

Dalam 2 bulan terakhir, sebanyak 1.737 unit barang elektronik Handphone dengan total nilai Rp 3,4 M. Kemudian ballpress(pakaian bekas) sebanyak 776 kilogram. Barang-barang tersebut saat ini berstatus di kuasai Negara.

Sementara penindakan di sektor cukai, sebanyak 8.887.388 batang rokok illegal senilai Rp 4,4 M,dan salah satu yang menjadi perhatian di sektor cukai adalah adanya temuan pita cukai rokok merk Marboro palsu.Kemudian minuman ilegal dengan kandungan etil alkohol sebanyak 6.362 kaleng, senilai Rp 95 juta. Serta 490.000 botol miras senilai Rp 250 Juta.

“Ini adalah tindakan  yang  prefentif yang di lakukan  oleh  P2 bersama tim dinas  kepabean  yang kita tindak pertama kali dari hasil tindakan dari tengah laut di pelabuhan Internasional Harbourbay, Sekupang Internasional, Internasional Batam Centre dan Pelabuhan Telaga Punggur serta Bandara Hang Nadim,“ papar R.Evy.

Ia juga menjelaskan bahwa barang-barang yang berhasil diamankan oleh Bea dan Cukai ini sudah di amankan.

“Barang- barang tersebut di tetapkan sebagai barang di kuasai Negara dan disimpan di gudang tempat penimbunan Pabean Tanjung Uncang.(Ag)

Komentar