Dandim 0104/Atim Hadiri Apel Pasukan Satgas Antisipasi Karhutla

Redaksi: Rabu, 04 Oktober 2017 | 06.12.00



ACEH TAMIANG| HARIAN9
Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE. menghadiri Apel Gelar Pasukan Satgas Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan  (Karhutla) Tahun 2017 yang berlangsung di Mapolres Aceh Tamiang, Selasa (3/10/2017).

Bupati Aceh Tamiang Hamdan langsung memimpin apel itu  mengatakan, Provinsi Aceh termasuk lokasi yang sering terjadi pembakaran hutan dan lahan, timbulnya asap menjadi masalah nasional serta agenda rutin dan isu penting. Diduga pelakunya oknum masyarakat dan perusahaan yang membuka lahan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa. 

Dikatakannya, fungsi digelarnya  Apel satgas Karhutla ini, untuk kesiapsiagaan Kabupaten serta antisipasi jika terjadi Karhutla. Satu hal sebagai catatan bahwa tak ada yang mampu menjamin Aceh Tamiang terbebas dari bencana alam. 

"Maka Forkopimda Aceh Tamiang dan masyarakat serta lembaga usaha harus berpartisipasi aktif dalam mencegah karhutla secara rutin serta adakan tindakan preventif "ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0104/Aceh Timur  mengatakan, pihak jajaran TNI-AD Makodim  selalu siap sedia dalam hal membantu sepenuh hati guna mengatasi dalam mengantisipasi dan mengatasi Karhutla di tiga kabupaten/Kota wilayah binaan jajaran Kodim 0104/Atim khusunya, "ucapnya.

Selain Dandim, hadir dalam kegiatan itu Kapolres  baru Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian Sik, Sekda Kab. Aceh Tamiang Razuardi, Pabung Aceh Tamiang Mayor Inf A.Yani, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samsul dan anggota tim Karhutla Kab. Atam, Staf Pertamina EP.Rantau Hariyanto serta meliputi TNI, Polri, Kehutanan, Sar, Tagana, Pertamina, Satpol PP dan Perusahan Perkebunan wilayah kerja lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan apel itu diakhiri dengan pelaksanaan Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan dari Tim  gabungan,  diantaranya dari TNI, Polri, Kehutanan, Sar, Tagana, Pertamina, Satpol PP dan Perusahan Perkebunan yang berlangsung di Lapangan depan Stadion  Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. (Andi9).

Komentar