DKP Aceh Sosialisasikan Bimtek Industrialisasi dan Penyusunan Profil Pengembangan Produksi Garam Rakyat

Redaksi: Jumat, 06 Oktober 2017 | 21.43.00

Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Aceh melaksanakan Bimtek untuk menfasilitasi bimbingan teknis kepada petambak dan pengelolaan PUGaR, Kamis, (05/10/2017). (Foto: Azhary)


BANDA ACEH| HARIAN9
Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Aceh melaksanakan Bimtek untuk menfasilitasi bimbingan teknis kepada petambak dan pengelolaan PUGaR, Kamis, (05/10/2017).

Bimtek ini di ikuti 8 Kabupaten di Propinsi Aceh, diantaranya Kabupaten Aceh Utara, Pidie, Aceh Timur, Bireun, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Selatan dan Aceh Barat. Kegiatan ini di buka langsung oleh Ir. Adriansyah, MM Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh.

“Potensi yang besar harus kita dukung pula dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas garam, untuk itu upaya dalam pengembangan usaha garam rakyat sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi garam yang ada di bumi Aceh,” katanya

Dikatakannya, upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petambak garam diantaranya bantuan sarana dan prasarana.

“Salah satu penunjang peningkatan kualitas dan kuantitas itu kita siapkan bantuan peran koperasi yang sudah terbentuk dan siap direalisasikan, sehingga manajemen produksi dan pemasaran juga dapat dilakukan peningkatan,” tambahnya.

Dijelaskannya, dengan sosialisasi yang dilakukan pihaknya, diharapkan dapat menjadi sarana penopang peningkatan pengetahuan akan pentingnya sistem pengelolaan dan perencanaan usaha garam rakyat yang benar dan bernilai maksimal, artinya petani garam yang telah diberikan pemahaman dapat diterapkan secara benar di lapangan.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Direktur jasa Kementerian Kelautan dan Perikanan, Praktisi/pelaku usaha garam, Balai Riset dan standarisasi industri Propinsi Aceh, Majelis Ulama Permusyawaratan Aceh dan Tenaga Ahli dan Kepala Bidang Pengelolaan Pesisir Pulau2 Kecil DKP Aceh. (Ary9)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar