Germas Wujudkan Derajat Kesehatan Yang Lebih Baik

Redaksi: Sabtu, 14 Oktober 2017 | 02.09.00

Mewakili Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH, Sekdakab. Langkat dr. H. Indra Salahudin M.Kes, MM saat menghadiri rapat koordinasi Pencanangan Germas Kabupaten Langkat yang berlangsung di Rumah Makan Sea Food Stabat, Kamis (12/10).(Foto: Hermansyah)


STABAT| HARIAN9
Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH mengatakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan pilihan terbaik.

Itu disampaikan Bupati Langkat selama 2 periode tersebut dalam pidato tertulisnya yang disampaikan Sekdakab. Langkat dr. H. Indra Salahudin M.Kes, MM saat menghadiri rapat koordinasi Pencanangan Germas Kabupaten Langkat yang berlangsung di Rumah Makan Sea Food Stabat, Kamis (12/10).

Dijelaskannya, sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 dijelaskan tenang Germas sebagai salah satu perwujudan dari revolusi mental yang dicanangkan Presiden kepala semua Kepala Daerah, Pimpinan Institusi Pemerintah dan masyarakat, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha untuk melaksanakan kegiatan Germas dilingkungan tanggung jawab masing-masing.

“Ada beberapa kegiatan utama Germas, diataranya adalah meningkatkan aktifitas fisik, meningkatkan prilaku bersih dan sehat, meningkatkan penyediaan pangan, meningkatkan pencegahan dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan edukasi hidup sehat,” katanya.

Olehkarena itu, Ngogesa berharap, rapat yang dilaksanakan dapat menghasilkan kesepakatan bersama lintas program, lintas sektoral, organisasi masyarakat dan dunia usaha yang tujuan utamanya adalah menjadikan hidup bersih dan sehat sebagai kebudayaan dan keperibadian masyarakat.

Sebagaimana diketahui, dalam rapat tersebut, hadir perwakilan dari Lintas Sektoral terkait untuk membahas suksesnya Pencangan Germas yang pada tanggal 24 Oktober 2017 akan dilaksanakan di Lapangan Kw. Begumit Kecamatan Binjai.

Diantara peserta rapat yang hadir adalah HM Ansyari MKes (Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Langkat) serta perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, Aman Purba. (hs9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar