Jembatani Eksportir Indonesia dengan Pasar Global, TEI 2017 Persiapkan One-on-One Business Matching

Redaksi: Kamis, 05 Oktober 2017 | 00.13.00



JAKARTA| HARIAN9
Kementerian Perdagangan terus mendorong eksportir Indonesia merambah pasar luar negeri melalui pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) 2017. 

Mengiringi pelaksanaan TEI ke-32 kalinya ini, Kemendag akan kembali mempertemukan eksportir produkproduk Indonesia dengan buyer asing melalui One-on-One Business Matching. 

Kegiatan tersebut digelar bersamaan dengan pameran TEI 2017 pada 11-15 Oktober 2017 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

“Kegiatan One-on-One Business Matching merupakan upaya Kemendag untuk mempertemukan kebutuhan buyer asing dengan produk-produk unggulan Indonesia yang ditawarkan dalam pameran. Kegiatan ini menjembatani buyer asing dengan para eksportir Indonesia untuk mendapatkan produk yang diminta buyer,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda di Jakarta hari ini, Rabu (4/10).

One-on-One Business Matching akan digelar selama lima hari saat pameran TEI, mulai pukul 10 pagi sampai pukul 5 sore Waktu Indonesia Barat (WIB), menempati Ruangan Garuda 9 dan Garuda 11, ICE BSD.

Hingga kemarin (3/10), terdapat 25 negara yang telah mendaftarkan diri dan dijadwalkan mengikuti One-on-One Business Matching. Beberapa negara peserta antara lain Thailand dengan 21 buyer mencari produk kosmetik, makanan dan minuman, seafood, tekstil, makanan beku, dan packaging. 

Kemudian India dengan 10 buyer mencari produk furnitur, peralatan pemeliharaan gedung, kelistrikan, makanan olahan, essential oil, kerajinan tangan, peralatan medis, rempahrempah, alat pengeboran minyak, dan jasa kursus pelatihan tenaga kerja. Selanjutnya Arab Saudi dengan 9 buyer mencari produk bahan makanan, kosmetik, kertas, tekstil, kopi, dan timah.

“One-on-One Business Matching diharapkan dapat membantu para eksportir menemukan mitra yang tepat untuk menjual produk mereka, menjawab kebutuhan pasar luar negeri terhadap produk Indonesia, sekaligus berkontribusi terhadap nilai transaksi selama pameran TEI dan neraca perdagangan Indonesia,” ungkap Arlinda. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar