Kades Padang Garugur Teken MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi: Sabtu, 07 Oktober 2017 | 07.56.00

Kades Padang Garugur, Imran Daud Siregar dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Jauhari saat penandatanganan MoU Desa Sadar Jaminan, usai peresmian Poskesdes Desa Padang Garugur, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta, Rabu (4/10). (Foto: Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Garugur, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) nota ikatan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MOU) dengan Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan usai peresmian Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Padang Garugur, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta, Rabu (4/10).

Ikatan kerjasama yang ditandatangan kedua belah pihak antara Kepala Desa (Kades) Padang Garugur, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta Imran Daud Siregar sebagai pihak pertama dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Jauhari Sebagai pihak kedua, setelah Desa Padang Garugur, dinyatakan  sebagai pilot project pelayanan di tingkat desa kategori Desa Sadar Jaminan Sosial dan disaksikan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Paluta Paluta Hamdan Sukri Siregar serta unsur masyarakat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Jauhari mengatakan, Desa Padang Garugur merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Paluta bahkan wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang dijadikan pilot project atau percontohan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial.

Hal itu katanya didasari beberapa kriteria, diantaranya semua aparat desa sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, kelompok masyarakatnya sudah menjadi peserta, mempunyai produk unggulan, serta masyarakatnya paham dengan program tersebut.

“Nanti staf BPJS Ketenagakerjaan akan turun langsung ke masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu ke kantor, cukup urusannya di desa saja dan saya juga berjanji akan membantu mempermudah pelayanan pengurusan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat,“ ujar Jauhari.

Kades Imran Daud Siregar berharap, kerjasama dengan BPJS ini akan lebih meningkatkan pelayanan serta mempermudah masyarakat dalam mendapat pembiayaan jaminan kecelakaan kerja. 

“Semoga kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini masyarakat kami akan terjamin dari kecelakaan tenaga kerja,” ungkap Imran.

Dikatakannya, Desa Padang Garugur, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta terpilih menjadi kandidat desa sadar jaminan sosial untuk tingkat Nasional.

“Desa Padang Garugur merupakan desa satu-satunya Desa di Paluta bahkan Tabagsel terpilih menjadi kandidat untuk mengikuti lomba Desa Sadar Jaminan Sosial tingkat Nasional yang akan dipertandingkan pada tanggal 5 Desember 2017 mendatang di Jakarta,“ jelasnya.

Terpisah, Kadis PMD Paluta Hamdan Sukri Siregar mengaku sangat bangga atas terpilihnya Desa Padang Garugur menjadi desa percontohan disegala bidang.

“Saya berharap inovasi yang dilakukan Desa Padang Garugur ini, dapat dicontoh dan diikuti desa-desa lain di Paluta,” harapnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar











Komentar