Koramil 0824/18 dan Koramil 0824/27 Bersama Masyarakat Bersihkan Walet Dam Payung Dsn Pondok Waluh Ds Wringin Agung

Redaksi: Kamis, 05 Oktober 2017 | 12.47.00

Sasaran karya bakti TNI adalah pembersihan walet dam payung yang berlokasi di Dusun Pondokwaluh Ds Wringin Agung Kec Jombang. (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Karya Bakti TNI melibatkan 5 orang anggota Koramil 0824/18 Kencong dan 5 orang anggota Koramil 0824/27 Jombang bersama 97 orang masyarakat petani dan 42 orang anggota Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa), kegiatan tersebut dikoordinir langsung oleh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengairan Kencong Hery S, Pada Rabu (04/10/2017) Pukul 08.30 WIB.

Sasaran karya bakti TNI adalah pembersihan walet dam payung yang berlokasi di Dusun Pondokwaluh Ds Wringin Agung Kec Jombang, dam peninggalan jaman penjajahan Belanda tersebut merupakan pengatur air irigasi yang mengairi ribuan hektar sawah di Kecamatan Kencong dan Kecamatan Jombang. 

Suwarno 47 tahun salah satu petani yang turut dalam karya bakti tersebut menyampaikan bahwa dam payung ini memang harus selalu dibersihkan secara periodik sehingga fungsinya sebagai pembagi air dapat berjalan lebih optimal, kami berterima kasih kepada TNI dalam hal ini Koramil Kencong dan Koramil Jombang yang bersama sama menurunkan anggotanya membantu pembersihan ini.

Danramil 0824/18 Kencong Kapten Kav Bambang Susiono maupun Danramil 0824/27 Jombang Kapten Inf Didik Purwo Budianto saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa sesuai permintaan dari Hippa untuk pembersihan walet dam payung ini, sehingga kita membantu personel  untuk turun bersama-sama masyarakat melaksanakan karya bakti ini.

Upaya tersebut tentunya dalam rangka menormalisir pengaturan air irigasi agar dapat berfungsi lebih optimal baik yang kearah Kec. Kencong maupun ke arah Kec Jombang sehingga dapat dibagi kembali sesuai alokasi kebutuhan air di masing-masing lahan petani di desa-desa di dua kecamatan tersebut.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto mendukung dengan kegiatan tersebut, jangan sampai petani kita kesulitan air irigasi, karena daerah Kencong dan Jombang merupakan bagian dari daerah lumbung padi di Kabupaten jember.

Letkol Inf Rudianto lebih lanjut menyampaikan bahwa dirinya sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengadakan upaya antisipatif menyangkut kebutuhan air petani utamanya memasuki musim kemarau saat ini, jangan sampai produksi pertanian di Jember menurun. (sis/24)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar