Padangsidimpuan Selatan Masuk Nominasi Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut 2017

Redaksi: Rabu, 04 Oktober 2017 | 10.36.00

Walikota Padangsidimpuan diwakili Sekda Kota Drs. Zulpeddi Simamora, MM memberikan sambutan saat menyambut kedatangan tim penilai kecamatan terbaik dari Pempropsu di aula Kantor Camat Padangsidimpuan Selatan, baru-baru ini (Foto : Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, masuk nomiminasi sebagai Kecamatan terbaik tingkat Sumatera Utara (Sumut) tahun 2017, setelah tim dari Propinsi Sumut melakukan penilaian ke Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

“ Tim penilai dari Propinsi Sumut telah melakukan kunjungan ke Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, berkaitan dengan perlombaan Kecamatan terbaik tingkat Provsu tahun 2017 yang sudah memasuki tahap penilaian, “ ujar Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretarian Daerah Kota Padangsidimpuan Roy Siagian, Selasa (3/10).

Dikatakannya, selama timpenilai Sumut berada di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, mereka memberikan berbagai pertanyaan dan pembinaan serta berdialog langsung dengan masyarakat, tokoh agama, organisasi kepemudaan serta pengurus TP.PKK Kecamatan Padangsidimpuan Selatan di aula Kantor Camat Padangsidimpuan Selatan.

Diantara dialog tersebut, terdapat point yang membuat tim penilai salut dan kagum dengan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, yakni terkait pelaksanaan dan pelayanan  birokrasi yang baik plus SDM yang berkualitas serta saling berkoordinasi dan  berkerja sama dengan unsur Muspika Kecamatan serta kepada tokoh masyarakat, agama dan OKP.

Menurut Roy Siagian, sebelum tim penilai berkunjung ke Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, selama ini mereka hanya mendengar cerita orang-orang saja mengenai Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang katanya wilayah tersebut kurang tertata dan pelayanan di Kantor Kecamatan kurang maksimal.

Namun kenyataannya itu tidak benar dan malah sebaliknya, setelah mereka berkesempatan berkunjung langsung, barulah mereka mengetahui bahwa Kecamatan Padangsidimpuan Selatan ternyata memiliki potensi besar yang bisa dibanggakan tidak saja Kota Padangsidimpuan, tapi juga Provinsi Sumut.

“Kami yakin, keunggulan ini akan memberikan nilai tersendiri bagi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan untuk masuk kategori nominasi sebagai Kecamatan terbaik pada perlombaan tingkat Provsu tahun ini” kata Roy.

Terpisah, Camat Padangsidimpuan Selatan Sallim Siagian menjelaskan bahwa Kecamatan Padangsidimpuan Selatan terpilih menjadi duta Kota Padangsidimpuan karena prestasi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan beberapa waktu lalu yang menyabet juara pada perlombaan Kecamatan terbaik tingkat Kota Padangsidimpuan dan tahun ini, terpilih menjadi duta Kota Padangsidimpuan.

“Kegiatan penilaian ini diharapkan akan menjadi kapasitas dalam meningkatkan pembangunan yang muaranya pada kesejahtetaan rakyat. Untuk tahun ini Kecamatan Kota Padangsidimpuan terpilih sebagai duta Kota Padangsidimpuan setelah melalui berbagai analisa yang objektif dari 6 Kecamatan se Kota Padangsidimpuan, dengan harapan dapat lebih meningkatkan pelayanan langsung ke masyarakat, “ ujar Sallim

Dihadapan tim penilai, ia melakukan expos selayang pandang profile Kecamatan Padangsidimpuan Selatan secara spesifik, baik luas wilayah, struktur dan unsur pemerintahan serta tugas-tugasnya, jumlah penduduk, monografi wilayah, serta pelaksanaan program Paten, yaitu terkait Perizinan, serta ekspos Ketua TP PKK tentang kesejahteraan keluarga.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim penilaian ke Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan bagi kami masarakat Padangsidimpuan Selatan kunjungan ini adalah hadiah sekaligus tantangan bagi Kecamatan Padangsidimouan Selatan kedepan untuk mengevaluasi sejauh mana Kecamatan Padangsidimpuan Selatan menghadapi perlombaan. Maka dari itu dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan sangat dibutuhkan demi menjadikan Kecamatan ini menjadi yang terbaik di perlombaan tingkat Provsu,” kata Sallim.

Tokoh pemuda Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Siwan Siswanto, SH mengapresiasi atas kedatangan tim penilai dari Propsu. Beliau juga mengatakan bahwa wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan tetap memegang teguh tradisi Dalihan Natolu, sehingga jarang terjadi keributan di masyarakat, apalagi sampai melakukan tindakan anarkis.  (Wan9)

Komentar