Pemkab Tapsel Sosialisasi Peningkatan Kepemilikan E-KTP dan Kutipan Akta Kelahiran

Redaksi: Senin, 30 Oktober 2017 | 22.58.00

Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu SH memberikan sambutan pada pembukaan sosialisasi peningkatan kepemilikan e-KTP dan kutipan akta kelahiran untuk usia 0-18 tahun, yang berlangsung di aula Sarasi 2 lantai III Kantor Bupati Tapsel Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Senin (30/10). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapsel menggelar sosialisasi peningkatan kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)  dan kutipan akta kelahiran untuk usia 0-18 tahun, yang berlangsung di aula Sarasi 2 lantai III Kantor Bupati Tapsel Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Senin (30/10).

Sosialisasi yang digelar sehari tersebut dibuka Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu SH, dihadiri Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar MM, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nadution MM, Asisten II Ir. Saulian Sabbih, Kadis Pendidikan Ibrahim Lubis, Kadis Dukcapil Parlindungan Harahap, Kabid Pencatatan Sipil Dody Kurniawan Siregar, Kabid Administrasi Kependudukan Farwis Rizky Daulay, Kabid Inovasi dan Pemanfaatan Data Anisah Pasaribu.

Sepentara peserta sosialisasi diikuti Camat se-Tapsel, perwakilan Kepala Desa / Lurah se Tapsel, perwakilan Kepala SDN se-Tapsel, Kepala Puskesnas, Kepala Pustu dan Perwakilan Bidan Desa se-Tapsel.

Sementara dua orang narasumber masing-masing, Sekretaris Dukcapil Tapsel Ambia dan Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Eko Irawan.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu SH mengatakan, sesuai Undang-Undang No. 24 tahun 2013 pasal 7 ayat (1) huruf G, mengamanatkan penyajian data kependudukan berskala Kabupaten / Kota berasal dari data kependudukan yang telah dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Kementrian Dalam Negeri.

Dijelaskannya, sesuai dengan hasil konsolidasi dan pembersihan data yang diterbitkan secara berkala per semester pertama yang diterbitkan tanggal 30 Juni 2017 lalu, berjumlah 303.428 jiwa.  Untuk itu diharapkan, penyajian data kependudukan dan validasinya dapat dipertanggungjawabkan, apalagi bila melihat fungsi pelayanan masyarakat dalam mengurus KTP masih terus ramai.

“Diharapkan, pelayanan terhadap warga masyarakat terus ditingkatkan dan kepada seluruh aparat Desa dan Kelurahan untuk saling berkoordinasi dalam pengurusan pertambahan penduduk,“ ujarnya, seraya berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti sosialisasi secara serius dan dapat dilaksanakan dengan baik.

Bupati juga meminta kepada seluruh Camat agar menggerakkan seluruh Kepala Desa, Lurah, Bidan Desa dan Kepala Sekolah supaya data kependudukan di Kabupaten Tapsel dapat disinkronkan dengan data statistik.

Terpisah, Kadis Dukcapil Tapsel Parlindungan Harahap menyampaikan, dalam memudahkan pedataan penduduk, saat ini Dukcapil Tapsel mengadakan program Jemput Bola (Jebol) dalam hal pengurusan KTP.

“Untuk diharapkan kepada seluruh Camat se-Tapsel agar terus berkoordinasi dengan Disdukcapil Tapsel, begitu juga dengan para bidan agar segera melaporkan tentang keberadaan anak yang baru lahir,“ katamya.

Rangkaian acara sosialisasi diisi dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Disdukcapil dengan 17 Organisasi Perangkat daerah (OPD) di Tapsel yang diwakili Camat Angkola Timur, Angkola Selatan dan Arse.

Setelah penandatanganan dilanjutkan dengan penyerahan brosur kependudukan Kabupaten Tapsel kepada 14 Camat di Tapsel yang diwakili Camat Batang Angkola, Tantom Angkola dan Camat SDH.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar
                                                                                   



Komentar