Pendamping Desa Harus Jadi Pelopor Pembangunan Desa

Redaksi: Selasa, 10 Oktober 2017 | 22.36.00



BANDUNG| HARIAN9 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, meminta pendamping desa agar menjadi pelopor sekaligus motor penggerak pembangunan di desa. 

Menurutnya, kehadiran pendamping desa yang diamanatkan oleh Undang-Undang Desa yakni untuk mewujudkan desa yang mandiri maju dan sejahtera.

"Pendamping desa harus mampu menjadi agen perubahan di setiap desanya. Kalian adalah pahlawan dari agen perubahan desa," ujarnya dalam acara penutupan pelatihan pendamping lokal desa di Bandung, Minggu (08/10).

Dalam kesempatan yang sama, Eko juga meminta para pendamping desa untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan pembangunan desa, baik itu perencanaan maupun pelaksananaan pembangunan. 

Dengan jumlah dana desa yang terus naik, para pendamping desa harus proaktif mendengar dan memberi solusi bagi permasalahan desa.

"Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan percepatan kesejahteraan untuk penduduk di desa. Nah, saya minta pendamping desa harus bisa berperan besar dalam pemanfaatan dana tersebut agar lebih produktif,” jelasnya.

Di tahun 2015 dana desa yang dikucurkan pemerintah senilai Rp.20 triliun. Kemudian pada 2016 meningkat menjadi Rp.47 triliun dan tahun 2017 ini mencapai Rp.60 triliun untuk 74.910 desa. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar