Pesan Menkeu Kepada Wisudawan PKN STAN 2017

Redaksi: Rabu, 04 Oktober 2017 | 06.30.00

Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan beberapa pesan kepada wisudawan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di gedung Student Center (SC) PKN Bintaro, Tangerang Selatan (03/10). (Foto: kemenkeu)


JAKARTA| HARIAN9 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan beberapa pesan kepada wisudawan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN pada Selasa (03/10) di gedung Student Center (SC) PKN Bintaro, Tangerang Selatan. 

Pesan pertama yang disampaikannya adalah agar menjadikan ilmu yang didapat selama belajar di PKN STAN sebagai ladang amal untuk Indonesia. 

“Indonesia butuh dibangun dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Ini adalah ladang amal dan pekerjaan Anda,” ujarnya.

Kedua, agar membuka diri terhadap perbedaan. 

"Saya ingin lulusan PKN STAN merupakan manusia-manusia yang mampu menghargai dan memahami perbedaan. Ajaklah bergaul dan berdiskusi mereka yang berbeda dengan kamu. Berbeda dari agamanya, rasnya, dan latar belakangnya,” ungkapnya.

Ditekankannya, agar menjaga integritas diri untuk bekerja dengan baik dan penuh passion.

"Jangan pernah menggadaikan integritas Anda. Jangan pernah mengkhianati nurani Anda sendiri. Selalu jujurlah pada diri kalian sendiri. Kemunafikan adalah musuh besar kalian. Lakukan semua pekerjaan dengan passion. Jangan pernah takut untuk berbuat baik," pesannya.

Kemudian, Sri menutup dengan berpesan agar jangan pernah berhenti belajar dan mencintai Indonesia.

"Jangan pernah berhenti belajar. Kamu tidak akan mampu memberikan dedikasi terbaik jika berhenti belajar juga jangan pernah menyerah dan jangan pernah lelah untuk mencintai Indonesia. Mulai hari ini, berjalanlah menjadi seorang pemimpin, menjadi pandu bagi Ibu Pertiwi,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, PKN STAN sebelumnya dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang dikenal sebagai perguruan tinggi kedinasan yang menghasilkan lulusan dalam bidang pengelolaan negara. 

Penempatan lulusan PKN STAN saat ini tidak hanya di Kementerian Keuangan, tetapi juga di 10 Kementerian/Lembaga lain, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Badan Narkotika Nasional dan Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf).  

Penempatan lulusan PKN STAN pada instansi-instansi tersebut merupakan bentuk komitmen PKN STAN untuk dapat menambah kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus meningkatkan kapasitas pengelolaan negara di Republik ini.

Pada kegiatan wisuda hari ini PKN STAN mengukuhkan 2.318 mahasiswa, sedangkan di hari kedua, Rabu (04/09) sebanyak 2.184 mahasiswa akan diwisuda, sehingga total wisudawan berjumlah 4.502 mahasiswa yang lulus tahun 2017. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar