Tim Gabungan BNN Sumut, TNI-Polri Temukan Ladang Ganja Seluas 3 Ha

Redaksi: Kamis, 12 Oktober 2017 | 00.24.00

Personil TNI Kodim 0212/TS dari Koramil 14/ Kotanopan yang tergabung dalam tim gabungan saat melakukan pembakaran batang ganja yang diemukan di perbukitan Tor Sihite perbatasan desa Panjaringan dengan desa Simandolam Rao-Rao Dolok Kecamatan Tambangan Kabupaten Madina, Senin (9/10). (Foto : Ist)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara, BNN Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan personel TNI dari Kodim 0212/TS serta Kepolisian Resort (Polres) Madina temukan ladang ganja seluas 3 hektar di perbukitan Tor Sihite perbatasan desa Panjaringan dengan desa Simandolam Rao-Rao Dolok Kecamatan Tambangan Kabupaten Madina, Senin (9/10).

Informasi yang dihimpun, Rabu (11/10) penemuan ladang ganja oleh tim gabungan berkat laporan masyarakat yang melihat tanaman banyaknya pohon ganja yang tumbuh subur dan rimbun di areal bukit Tor Sihite perbatasan desa Panjaringan dengan desa Simandolam Rao-Rao Dolok Kecamatan Tambangan Kabupaten Madina ada tumbuh pohon ganja, tetapi tidak tahu siapa pemiliknya.

Mendapat informasi tersebut, tim gabungan dipimpin Kombes Atrial SH dari BNN Pusat bersama 25 personil gabungan bersenjata lengkap terdiri dari personel BNNP Sumut 10 orang, personel BNNK Madina 6 orang dimpimpin AKP Agus, TNI dari Kodim 0212/TS dan Koramil 14/ Kotanopan 4 orang, serta personil Polres Madina 5 orang berangkat ke lokasi tanaman ganja sekira Pukul 07.30 Wib dan menyisiri lahan ganja di bukit Tor Sihite.

Tiba di lokasi, tim gabuungan langsung mencabuti tanaman ganja di lahan yang diperkirakan luasnya mencapai 3 hektare dengan umur tanaman sekitar 5 bulan dan tinggi tanaman diperkirakan 60 cm, kmudian dibakar. Sementara beberapa batang pohon ganja diamankan untuk dijadikan barang bukti.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Andi Loedianto mengatakan sebelum menelusuri lokasi lahan ganja tersebut, seluruh personel gabungan terlebih dahulu berkumpul di depan Kantor BNNK Madina untuk melaksanakn pengecekan (brefing) personel sekaligus memberikan mekanisme kegiatan yang di pimpin oleh BNN Pusat Kombes Atrial SH

Selanjutnya seluruh personel bergerak dari titik kumpul menuju lokasi melalui desa Hutarimbaru Simandolam Kecamatan Kotanopan Kabupaten Madina hingga tiba ke lokasi lahan ganja di Tor Sihite 

“ Personel gabungan menemukan lahan ganja tersebut tepatnya di lokasi bukit Tor Sihite desa Penjaringan Rao-Rao Dolok Kecamatan Tambangan yang luasnya sekira 3 Ha, dengan umur tanaman sekitar 5 bulan dan tinggi tanaman 60 cm. Selanjutnya tanaman tersebut di cabuti oleh personel gabungan untuk di musnahkan dengan cara dibakar, “ ujar Andi.

Andi Loedianto mengutarakan, BNNP Sumut sangat peduli terhadap upaya pemberatasan narkoba di Sumut, khususnya di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), termasuk di Kabupaten Madina.

“ Dari satu sisi itu memang menjadi domain BNN dan polisi serta TNI untuk bersinergi bahu membahu dengan cara koordinasi untuk hal pemberantasan dan memutuskan mata rantai peredaran narkoba di Sumut  dan kita sama-sama melihat, karena narkoba telah merambah ke pelosok desa dan membidik semua status sosial masyarakat termasuk para pelajar yang merupakan penerus bangsa ini, “ ungkap Andi.  (Wan9)

                                                                               


Komentar