Wali Kota Pantau Kebakaran Di Kampung Sejahtera

Redaksi: Selasa, 03 Oktober 2017 | 21.32.00

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, M.Si beri arahan kepada Kadis P2K Marihot Tampubolon pada kebakaran di Kampung Sejahtera dan Petugas P2K dibantu warga berusaha mencari pertolongan untuk memadamkan kobaran api di Kampung Sejahtera. (Foto: Joko Hendro)



MEDAN| HARIAN9
Mendengar kawasan padat penduduk terbakar, Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, MSi, langsung turun dan memantau lokasi di Jalan Taruma/Jalan Air Langga Dalam Lingkungan I Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, Selasa (3/10/17) sekira pukul 10.45 WIB.

Selain untuk melihat langsung kondisi rumah yang terbakar, orang nomor satu di Pemko Medan ini juga memberi dukungan kepada warga agar kuat dan tabah menghadapi cobaan itu.

Data yang didapat dari Pusdalapos-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, amukan si jago merah menyebabkan 6 rumah warga yang dihuni 10 KK atau 25 jiwa terbakar. Namun dari jumlah itu, 4 rumah kondisinya cukup parah.

Disamping itu ada 4 rumah yang dihuni 8 KK atau 13 jiwa rusak akibat terdampak dari kebakaran tersebut. Namun kerusakannya tidak parah, persentase kerusakan berkisar 20-30 persen. Sedangkan seorang warga yang terluka atas nama, Dahlan Halawa.

Meski kebakaran terjadi di lokasi yang sangat padat penduduk, namun api berhasil dijinakkan oleh petugas Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan yang diduga akibat korsleting listrik.

Untuk itu Wali Kota sangat mengapresiasi sekaligus menguncapkan terima kasih atas kinerja yang telah dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar) tersebut. Selain cepat, mereka juga dinilai  gigih dan tanpa kenal rasa lelah sedikitpun untuk memadamkan api.

"Saya langsung memerintahkan Dinas P2K untuk turun dengan kekuatan penuh disertai seluruh armada yang dimiliki setelah menerima laporan Kampung Sejahtera terbakar dan saya khawatir bisa meluas, karena kawasan itu sangat padat penduduk,” ujar Eldin.

Selain petugas Dinas P2K, Wali Kota juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada warga sekitar. Berkat kesigapan dan semangat bahu membahu warga dalam membantu petugas Dinas P2K, si jago merahpun berhasil dipadamkan sehingga api tidak meluaskan dan menghanguskan lebih banyak rumah lagi.

Dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Kadis P2K Marihot Tampubolon, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arjuna Sembiring, Kadispora Mara Husin Lubis, Camat Medan  Petisah Parlindungan Nasution, Polsek Medan Baru dan Prajurit Kodim 0201/BS, Wali Kota berharap agar warga yang menjadi korban kebakaran untuk sabar dan tabah.

Mengenai rumah warga yang menjadi korban kebakaran, Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan memberikan bantuan. 

“Insya Allah kita akan membantunya,” jelas Wali Kota. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar