2020 Indonesia akan Didominasi Masyarakat Berbasis IT

Redaksi: Minggu, 19 November 2017 | 05.53.00

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo hadir memberikan sambutan dalam acara The 3rd International Seminar and Conference on Global Issues di Semarang (16/11).  (Foto: kemenkeu)


SEMARANG| HARIAN9
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo hadir memberikan sambutan dalam acara The 3rd International Seminar and Conference on Global Issues di Semarang. 

Menurutnya, tahun 2020 Indonesia akan dipimpin dan didominasi oleh masyarakat yang berbasis IT. Tantangan pun muncul dalam menghadapi perubahan ini.

“Kalau teknologi maju, pengangguran lain timbul. Sekarang seluruh toll saja menggunakan kartu e-toll. Adek-adek ini nanti lapangan pekerjaannya apa? Harus dipikirkan,” ujarnya di Hotel Grand Candi, Kamis (16/11).

Untuk menghadapi hal tersebut tentu harus dikembangkan keterampilan di berbagai bidang. Dosen harus menyesuaikan proses belajar mengajar. Ikuti alam generasi muda saat ini agar mahasiswa dapat terus tertarik dan mengembangkan berbagai ilmu.

Dinyatakannya, bahwa potensi demografi atau bonus demografi Indonesia di masa depan harus diikuti dengan kesiapan Sumber Daya Manusianya. 

Oleh karena itu, Presiden ingin membangun dari pinggiran untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat agar semua dapat merasakan kemajuan teknologi yang sama.

“Mahasiswa KKN harus di desa, semua harus balik ke desanya melihat kondisi desanya seperti apa dan mendampingi para Kepala Desa dalam menyusun Rencana Anggara Biaya pembangunan desa dengan ilmu-ilmu yang telah dipelajari. Kalau desa berkembang, maka Indonesia ikut maju,” paparnya.

Diharapkannya, Universitas Wahid Hasyim selain mengikuti perkembangan teknologi tetapi juga dapat memberikan afirmasi ke masyarakat. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar