Babak Baru Kerja Sama dengan RI-Korsel

Redaksi: Minggu, 12 November 2017 | 00.10.00

Presiden Moon Jae-in melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada 8-10 November 2017. (Foto: kemlu)

BOGOR| HARIAN9 
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korea Selatan (Republik Korea), Moon Jae-in, di Istana Negara, Bogor. menghasilkan kesepakatan untuk meningkatkan kemitraan strategis kedua negara menjadi Special Strategic Partnership.  

Kemitraan tersebut menitikberatkan pada kerja sama akselerasi industrilisasi di Indonesia.  

Presiden Moon Jae-in melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada 8-10 November 2017.

Kedua Presiden juga berkomitmen untuk mengintensifkan upaya mewujudkan target nilai perdagangan sebesar USD.30 miliar pada tahun 2022.

Target tersebut akan dicapai melalui peningkatan ekspor minyak kelapa sawit, buah-buahan dan produk perikanan Indonesia. Selain itu akan dilakukan peningkatan investasi Korea Selatan di sektor industri, infrastruktur, ICT, ekonomi kreatif dan pariwisata.

Kedua Presiden juga sepakat untuk memperkuat perlindungan TKI di Korea Selatan, khususnya di sektor perikanan, dan kerja sama yang lebih erat dalam konteks kawasan seperti ASEAN-Korea Selatan dan isu Semenanjung Korea.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Presiden Moon ke Indonesia dan ke negara ASEAN.  Kunjungannya kali ini juga untuk memenuhi undangan Presiden RI.

Dipilihnya Indonesia sebagai negara ASEAN pertama yang dikunjungi menunjukkan arti penting Indonesia di kawasan sekaligus merefleksikan komitmen kuat Korea Selatan untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia.

Upacara Kenegaraan menyambut Presiden Moon Jae-in dilakukan di Istana Bogor. Sebelum melakukan pertemuan resmi, Presiden RI dan Presiden Moon melakukan blusukan di pusat pertokoan dan menanam pohon di halaman Istana Bogor.

Usai pertemuan, kedua Presiden juga telah menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU) bidang industri, transportasi dan kesehatan. 

Kedua Presiden juga menyambut baik penandatanganan sejumlah kesepakatan kerja sama antara sektor kedua negara yang dilakukan pada kegiatan Forum Bisnis di Jakarta. (kemlu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

         


Komentar