BKKBN Ajak Warga Mengikuti Program Keluarga Berencana

Redaksi: Minggu, 12 November 2017 | 20.57.00

BKKBN perwakilan Sumatera Utara menggelar acara Sosialisasi Program KKBPK Melalui Kegiatan KIE Kreatif bersama mitra kerja di dusun getek I Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tanjungpura Kabupaten Langkat,  Sabtu (11/11/2017). (Foto: Hermansyah)

TANJUNGPURA| HARIAN9
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Sumatera Utara menggelar acara Sosialisasi Program KKBPK Melalui Kegiatan KIE Kreatif bersama mitra kerja di dusun getek I Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tanjungpura Kabupaten Langkat.

Manfaat dari sosialisasi Kependudukan KB Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Demikian disampaikan Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Dra Rabiatun Adawiyah, M.PHR, Sabtu (11/11/2017).

"Saat ini penduduk Sumut 15 juta jiwa termasuk urutan terbesar keempat setelah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," jelasnya.

Dijelaskannya, bahwa kualitas orang Sumut masih rendah karena tingkat pendidikan rata-rata masih setingkat SMP, sehingga kita tertinggal dari negara tetangga.

Untuk itu Rabiatun mengajak masyarakat untuk ikut program KB dan mengatur angka kelahiran, sehingga ketahanan dan kualitas keluarga dapat ditingkatkan.

"Batasi jumlahnya, tingkatkan kualitasnya, sehingga tumbuh ketahanan keluarga," katanya.

Saat ini angka kematian ibu dan bayi masih tinggi dikarenakan 4T, yaitu terlalu muda melahirkan, terlalu tua melahirkan, terlalu sering melahirkan dan terlalu banyak melahirkan, ini merupakan faktor penyebab tingginya kematian ibu dan bayi.

Sementara itu Kabid Pengendalian Penduduk dan Advin Dinas PPKB dan PPA Kabupaten Langkat. Herwandi  mengatakan program KB harus digalakkan terus untuk meningkatkan ketahanan keluarga dan juga meningkatkan kualitas pendidikan anak.

Perlu diketahui bahwa pencapaian peserta KB di Tanjung Pura cukup tinggi ini dapat dilihat dari data yang ada.

Pasangan usia subur (PUS) ada 12, 117, sedang peserta KB aktif 8.421 atau 69,50 persen. Sedangkan untuk Desa Pantai Cermin PUS ada 2.284 dan peserta KB aktif 1.737.

Anggota komisi IX DPR-RI Delia Pratiwi Br Sitepu, SH memberikan apresiasi kegiatan sosialisasi KIE Kreatif BKKBN ini, diharapkan dari kegiatan ini masyarakat dapat memahami bagaimana pengaturan kelahiran, sehingga dapat tercipta putra putri yang sehat, cerdas dan kuat.

"Saya juga bakal ikut program KB sudah izin dengan suami saya, karena untuk mengikuti program KB harus ada izin dari suami" ujar Delia

Sebelumnya Camat Tanjung Pura Suriyanto, S.Sos, mengatakan bahwa KB bukan hal yang baru dimasyarakat. Dan ikut program KB itu banyak manfaatnya diantaranya dapat menciptakan kualitas pendidikan dan kesehatan anak.

"Dulu banyak anak banyak rezeki, tapi sekarang paradigma itu sudah berubah, makanya ikut KB agar kualitas anak dapat meningkat dari segi pendidikan dan kesehatannya," ujar. (hs9)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar