BPJS Kesehatan Rangkul Media Sebagai Kontrol Sosial

Redaksi: Jumat, 10 November 2017 | 08.41.00



MEDAN| HARIAN9
BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumut - Aceh menggelar Media Gathering bersama Forum Wartawan kesehatan (Forwakes) Sumut dan insan pers dari Aceh di Sibolangit, Kamis (09/11/2017).

Dalam kegiatan media gadreing tersebut dibuka oleh Deputi Direksi diwakili Asisten Deputi direksi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Kesehatan BPJS Kesehatan Wilayah Sumut Aceh Gusti Ngurah Catur Wiguna.

Dijelaskannya, kehadiran BPJS Kesehatan dalam mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat erat hubungannya dengan keterbukaan informasi publik, di mana prinsip profesionalitas, akuntabilitas, tranparansi, pelayanan prima, demokrasi dan partisipasi, efesiensi dan efektivitas, serta supremasi hukum dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

"Di sinilah media memegang peranan yang amat krusial sebagai mitra strategis BPJS Kesehatan dalam menyampaikan informasi bagi masyarakat," ungkapnya.

Ditambahkan, guna mempererat hubungan keakraban dengan rekan-rekan pers dan media, maka BPJS Kesehatan memandang perlu diadakan kegiatan media berupa press conference, diskusi media, workshop media, termasuk media gathering yang diharapkan mampu memasyarakatkan beragam kebijakan yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

"BPJS Kesehatan juga memerlukan media massa untuk dapat menjadi alat kontrol terkait implementasi kebijakan pemerintah, dengan turut memberikan pandangan dari sisi masyarakat, sehingga dapat menjadi masukan berharga bagi peningkatan layanan dan implementasi program yang dijalankan, termasuk dalam hal ini, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014," pungkasnya.(jae9)

Komentar