BPTP Geler Acara Panen Raya Dan Temu Lapang Teknologi Panen Di Langkat

Redaksi: Rabu, 01 November 2017 | 07.22.00


Assisten II Adm. Ekbangsos Drs. H. Hermansyah Mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH,  disela-sela kegiatan Acara Panen dan temu Lapang Tekhnologi Padi Jajar Legowo Super di Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit, Selasa (31/10/2017).(Foto: Hermansyah)
LANGKAT| HARIAN9
Acara Panen Raya dan temu Lapang Teknologi Padi Jajar Legowo Super berlangsung di Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit, dihadiri Assisten II Adm. Ekbangsos Drs. H. Hermansyah mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH, Selasa (31/10/2017). 

Upaya Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Sumatera Utara dalam memotivasi petani di Kabupaten Langkat, disambut baik oleh pihak Pemerintahan Kabupaten Langkat. 

Menurutnya, dengan melaksanakan kegiatan ini di Langkat, otomatis motivasi akan bertambah dan petani akan semakin giat untuk bertani dalam meningkatkan hasil produksi panen tanaman padi.


Disebutkan, Bupati Langkat mengharapkan Kemeterian Pertanian dan jajarannya terus menerus memberikan pembinaan bagi petani di Langkat sehingga program pembenihan Nasional dapat berlangsung sukses melalui Implementasi tekhnologi Budi Daya padi Jajar Legowo Super yang telah dialokasikan seluas 1000 hektar dan di Langkat mendapat alokasi luas 200 hektar.

Smentara itu. Kepala BPTP Balitbang Sumut Dr. Khadijah El Remaja Lubis menjelaskan, Teknologi Jarwo Super merupakan tekonologi budidaya terpadu padi sawah irigasi berbasis tanam jajar legowo dengan tujuan mempercepat peningkatan produktivitas padi melalui penerapan budidaya padi potensi hasil tinggi.

“Keunggulan sistem tanam jajar Legowo super diantaranya adalah mempercepat pengomposan jerami, meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanah, mengendalikan hama tanaman padi, dan menghemat biaya tenaga kerja serta pengurangan kehilangan hasil panen” sebutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat Nasirudin mengatakan, program ini akan menjadi pilot projet bagi Langkat dan membantu masyarakat dalam memperoleh benih padi yang berkualitas secara lebih mudah.

“Mudah-mudahan, program ini berhasil di Langkat dan produktivitas hasil panen padi di Langkat semakin meningkat” harapnya.

Di acara tersebut juga diadakan pemberian bantuan kepada sejumlah Kelompok Tani di Langkat berupa benih padi dan dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara, perwakilan Unsur Forkopimda Langkat, Camat Sirapit dan undangan lainnya.(hs9)


Komentar