Bupati Tapsel Bertekad Pola Pembangunan Tidak Bergantung Pada APBD

Redaksi: Jumat, 24 November 2017 | 22.22.00

Pimpinan DPRD bersama Bupati dan Wakil Bupati Tapsel menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya mengawali rapat Paripurna istimewa DPRD Tapsel, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Kabupaten Tapsel di Gedung DPRD Dano Situmba Desa Kilang Papan Sipirok, Kamis (23/11/2017). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu bertekad untuk kedepan dan secara bertahap, pola pembangunan Kabupaten Tapsel tidah hanya harus bergantung pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) saja, tetapi bagaimana upaya kita bersama dan bisa meyakinkan pemerintah pusat agar kue pembangunan dapat mendarat di Tapsel.

“Pola pembangunan di Kabupaten Tapsel saat ini hingga ke depannya harus bisa dijalankan tanpa bergantung hanya kepada APBD saja, tetapi kita harus bisa meyakinkan pemerintah pusat agar kue pembangunan dapat mendarat di Tapsel,“ ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu saat memberikan sambutan pada rapat Paripurna istimewa DPRD Tapsel, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Kabupaten Tapsel di Gedung DPRD Dano Situmba Desa Kilang Papan Sipirok, Kamis (23/11/2017).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Tapsel H. Rahmat Nasution, S.Sos didampingi Wakil-Wakil Ketua masing-masing H.Naswardi Sialoho, SH dan Husin Sogot Simatupang, S.Ag, dihadiri para anggota DPRD, Wakil Bupati Ir. H. Aswin Efendi Siregar, MM, unsure Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Tapsel    
   .
Pada kesempatan itu juga, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu memaparkan berbagai capaian dan tantangan yang perlu digaris bawahi dalam upaya pembangunan di Kabupaten Tapsel selama tujuh tahun kepemimpinannya.

Sebagai contoh katanya, saat ini sudah ada 18 buah pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), yang pengadaannya tidak satu rupiah pun dari APBD Tapsel.

“ Pembangkit Listrik tersebut berkapasitas 440 ribu watt untuk menerangi 290 rumah yang jika dikalkulasikan dengan rupiah, jaringan listrik untk masyarakat Kabupaten Tapsel telah tersubsidi sebesar Rp.3,3 milyar per tahunnya, “ terang Bupati.

Selain itu juga berbagai pembangunan tanpa APBD Tapsel banyak dilakukan para investor dan pihak Perbankan di Tapsel melalui program CSR seperti yang dilakukan PT Aguncourt Resoursces yang bergerak di bidang pertambangan, PT. Austindo Nusantara Jaya Agri (PT.ANJ) yang bergerak di bidang perkebunan dan PT. Bank Sumut yang bergerak dibidang financial.

“ Bantuan program pembangunan yang diberikan para investor maupun Perbankan itu sangat bermanfaat bagi kelangsungan pembangunan Kabupaten Tapsel daam mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, sesuai dengan thema HUT Tapsel 2017 “ katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapsel H. Rahmad Nasution S. Sos dalam sambutannya mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Tapsel ke-67, yang mana pada moment peringatan ini, kita perlu kembali mengenang jasa para pemimpin Kabupaten Tapsel yang telah menyumbangkan berbagai ide dan pemikirannya untuk kemajuan Kabupaten Tapsel.

“ DPRD sangat mengapresiasi kepemimpinan H. Syahrul M Pasaribu atas segala prestasi yang telah ditorehkan selama menjadi Bupati, yang diantaranya tiga kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengfecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan yang paling terkini adalah baru-baru ini Tapsel mendapat penghargaan dari Kementrian Keuangan sebagai Kabupaten dengan pengelolaan keuangan terbaik se-Kabupaten / Kota se Provinsi Sumatera Utara, “ paparnya.  (Wan9)


Komentar