Bupati Tapsel Irup Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2017

Redaksi: Sabtu, 11 November 2017 | 07.33.00

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu membacakan amanat Mensos RI Khofifah Indar Parawansah pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November, bertempat di halaman Kantor Bupati Tapsel Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Jumat (10/11).  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November, bertempat di halaman Kantor Bupati Tapsel Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Jumat (10/11).

Tampil sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. MM. Napitupulu, sedangkan pembaca teks UUD 1945 Alinuddin Nasution dari Satpol PP dan pembaca pesan-pesan pahlawan Yulia Wardani, serta Pengibar bendera 3 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Satpol PP Tapsel.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu yang membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Khofifah Indar Parawansah menyebutkan, para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, saat pesan itu diraih, maka tahapan pertama kita harus bersatu terebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara, selanjutnya berdaulat, adil dan makmur. 

Oleh karena pesan fundamental tersebut maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini mengambil tema 'Perkokoh Persatuan Membangun Negeri.

Dikatakannya, semangat kebangsaan kita yang juga kita kenang hari ini di Hari Pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit. 

Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa "My Nationalism is Humanity". Sebuah nasionalisme yang ditegaskan dalam Pidato 1 Juni Lahirnya Pancasila bahwa nasionalisme hanya bisa hidup subur di dalam tamansarinya internasionalisme, Internasionalisme dapat hidup subur jikalau berakar dalam buminya nasionalisme.

“Artinya, prinsip yang dibangun oleh sebuah landasan filosofis yang tinggi bahwa kita bukanlah makhluk egois namun makhluk sosial yang menghimpun menjadi satu sebagai sebuah bangsa, yakni bangsa Indonesia dan di dalam kehidupan menjadi bangsa tersebut kita menyadari pula bahwa diri kita adalah bagian dari keluarga besar ummat manusia,“ pungkasnya.

Usai upacara, Bupati Syahrul M Pasaribu menyerahkan bingkisan dan tali asih kepada 34 orang veteran berupa kain sarung dan uang masing-masing Rp.500.000. Kemudian juga menyerahkan bingkisan dan tali asih kepada 104 janda veteran berupa kain sarung dan uang masing-masing Rp.300.000.-  dan dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan Sipirok.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Tapsel Ir Aswin Siregar MM Kapolres Tapsel AKBP Muhammad Iqbal Sik, Kajari Tapsel Tiyas Widiarto SH MH, Ketua PN Julius Panjaitan SH MH, Kepala BNN Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar, Wadanyon C Brimob Kompol Hendrianto, Perwakilan Danyon, Kodim, anggota DPRD Tapsel, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, para pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkab Tapsel. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                  





Komentar