Dandim 0824: Terima Kasih Kepada Pahlawan, Veteran dan Purnawirawan

Redaksi: Jumat, 10 November 2017 | 09.51.00

Beliau-beliau ini adalah orang tua saya semua, untuk itu saya hormat dan mohon dapatnya bimbingan selama kami melaksanakan tugas di jember ini, saya mewarisi perjuangan beliau-beliau ini dan selanjutnya adik-adik pelajar ini yang meneruskan di masa yang akan datang. (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Dalan menyambut Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 ini berbagai kegaiatan masyarakat tentunya terfokus pada peringatan Hari Pahlawan yang menjadi hari besar nasional Bangsa Indonesia.

Keberdaaan Hari Pahlawan sendiri didasari atas terjadinya pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya yang berhasil mengusir penjajahan Belanda dari Kota Surabaya dan Bumi Indonesia, semangat perjuangan yang menjadi senjata utama para pahlawan saat itu mampu mengalahkan senjata Belanda yang sudah modern saat itu. 

Menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 di Kabupaten Jember, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat diwawancarai awak media di SMK 8 Jember dan dihadapan para veteran dan purnawirawan TNI yang juga berada di sekolah tersebut menyatakan terima kasihnya kepada para pendahulu, para senior dan para pahlawan atas perjuangannya kita saat ini dapat menikmati kemerdekaan.

Beliau-beliau ini adalah orang tua saya semua, untuk itu saya hormat dan mohon dapatnya bimbingan selama kami melaksanakan tugas di jember ini, saya mewarisi perjuangan beliau-beliau ini dan selanjutnya adik-adik pelajar ini yang meneruskan di masa yang akan datang.

Saat ditanyakan apa harapannya kepada generasi muda, Letkol Inf Rudianto menyatakan bahwa sebagai generasi penerus bangsa saya bersama adik-adik ini tentunya harus belajar lebih rajin lagi serap ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh guru dan  mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat tentunya.

Dalam memperingati Hari Pahlawan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Jember yang berada di Semboro ini saya sangat bangga sekali karena disamping para guru memakai pakaian daerah seperti ini, kegiatan yang dilaksanakan sangat signifikan yaitu memberikan pelatihan tanaman hidroponik kepada para veteran dan purnawirawan.

Sehingga ketrampilan yang didapat nantinya dapat dimanfaatkan untuk menanam sayur atau komoditi lainnya yang dapat dijadikan kegiatan ekonomi produktif bagi para veteran dan purnawirawan, hal inilah yang harus kita lakukan dalam meperingati Hari Pahlawan tidak hanya bersifat formalitas saja tetapi apa yang dapat kita berikan kepada beliau-beliau ini untuk saat sekarang ini.

Kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya dimana Kepala Sekolah dan Dewan Guru mengarahkan kegiatan seperti ini, hal ini tentunya wujud penghargaan adik-adik kepada para pahlawan dan veteran serta purnawirawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan suasana merdeka inilah yang menyebabkan kita dapat menikmati modernisasi kehidupan saat ini.

Kesadaran seperti ini yang harus ditanamkan kepada adik-adik generasi penerus, karena tidak menutup kemungkinan di antara adik-adik ini nantinya ada yang menjadi pemimpin, ada yang menjadi pejabat pengambil keputusan, dan kalau sejak dini memiliki karakter yang baik tentunya nantinya akan menjadi pemimpin yang baik dan berkualitas.

Menutup wawancaranya Letkol Inf Rudianto menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah SMKN 8 Jember serta seluruh siswa-siswi SMKN 8 Jember yang telah menggelar kegiatan pelatihan ini yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan tambahan kepada para veteran dan purnawirawan, semoga apa yang dilakukan mendapatkan ridlo dan barokah dari Allah SWT. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar