Dinas PPKBPP Dan PA Paluta Gelar Pelatihan Analisis Gender

Redaksi: Sabtu, 04 November 2017 | 00.29.00

Narasumber dari Biro PPA dan KB Setdaprovsu Dra Hj Marhamah Msi saat memberikan pemaparan pada pelatihan analisis gender oleh Badan PPKBPP dan PA Paluta di aula Kantor Bappeda Paluta, Jumat (3/11).  (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP KB PP dan PA) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyelenggarakan pelatihan analisis gender bagi perencana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk merumuskan perencanaan, program dan kebijakan lembaga/instansi dengan pemikiran gender, di aula Bappeda Paluta Jumat (3/11).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Paluta diwakili Asisten II Drs Ali Akbar Siagian diikuti oleh staf bagian perencanan seluruh SKPD Paluta dengan melibatkan narasumber dari Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Setda Provsu Dra Hj Marhamah Msi yang memberikan pemaparan tentang analisis gender melalui gender analisis pathway (GAP) dan gender Budget Statement (GBS).

Bupati Paluta Asisten II Setdakab Paluta Ali Akbar Siagian dalam sambutannya menyampaikan gender merupakan suatu kewajiban di lingkungan pemerintah dalam melakukan perencanaan penganggaran, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan dalam bentuk perencanaan berprespektif gendertanpa harus melanggar aturan dan kodratnya.

Pelatihan ini juga bukan berarti menyatakan bahwa perempuan yang mampu bekerja seperti laki-laki harus melupakan kodratnya sebagai seorang ibu yang harus merawat dan mengasuh anak-anaknya. Namun aturan sosial dan budaya menjadikan perempuan untuk tidak melupakan kodratnya sebagai ibu dari anak-anaknya.

“Bukan menjadi rahasia umum lagi perempuan di Indonesia dihadapkan pada aturan sosial dan budaya masyarakat setempat yang lebih mengutamakan laki-laki. Karena itu, pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang pengarusutamaan gender,“ ujar Ali Akbar.

Kepala Dinas PPKBPP dan PA Paluta Hakimuddin Siregar dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini yakni untuk membekali para perencana program pada masing-masing SKPD agar dalam penyusunan program melakukan analisis gender serta pemantapan focal point dan kelompok kerja pengarusutamaan gender (PUG).

Selain itu katanya, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan maupun ketrampilan SDM dalam hal penyelenggaraan data gender dan anak bagi SDM pengelola data di SKPD yang didanai oleh APBD Pemkab Paluta.

“Diharapkan agar perwakilan dari SKPD terkait dapat menjadi pelopor antar sektor dalam menyelenggarakan analisis data gender dan anak yang memunculkan dorongan lebih kuat di seluruh SKPD di Pemkab Paluta untuk memperkuat ketersediaan data gender dan anak di SKPD masing-masing,“ katanya.

Ketua panitia pelaksana pelatihan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak pada Dinas PPKBPP dan PA Sahara SP mengatakan pelatihan ini merupakan agenda tahunan Pemkab Paluta yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh perencana program di setiap SKPD tentang peran serta analisis gender dalam program di setiap SKPD.

“Dari pelatihan ini diharapkan kemampuan para perencana program di SKPD Kabupoaten Paluta akan meningkat dan pada gilirannya akan mendukung implementasi PPRG dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Paluta,“ paparya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 
                                                                                                




Komentar