DPRD Padangsidimpuan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian KUA-PPAS P-APBD TA 2017

Redaksi: Kamis, 23 November 2017 | 05.59.00

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si menyerahkan dokumen laporan KUA-PPAS P-APBD TA 2017 kepada Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan SH usai rapat Paripurna di ruang Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (22/11).  (Foto : Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan menggelar rapat Paripurna tentang penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas, Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2017, di ruang Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (22/11).

Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH didampingi Wakil Ketua Edi Jurianto dan Mhd Yusuf Nasution  serta dihadiri Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, 18 dari 30 anggota DPRD Kota Padangsidimuan, Sekdakota Drs. Zulpeddi Simamora, MM, Sekwan Irfan Bakhri, S.Sos dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejajaran Pemko Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si dalam penyampaian laporan KUA-PPAS P-APBD TA 2017 menyatakan, Pemerintah Daerah telah menetapkan beberapa kebijakan pendapatan, yakni mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak daerah.

Selanjutnya, dalam rancangan kebijakan umum P-APBD TA 2017 ini, pendapatan daerah yang semula direncanakan sebesar Rp.837,4 milyar lebih, menjadi sebesar Rp.890,1 milyar lebih, atau mengalami kenaikan sebesar Rp.52,7 milyar lebih (6,30 persen).

“Postur P-APBD TA 2017 Kota Padangsidimpuan, sebagai muatan naskah KUA-PPAS P-APBD TA 2017, khusus proyeksi anggaran pendapatan belanja dan pembiayaan maupun alokasi anggaran pada pendapatan mencapai Rp.837,1 lebih,“ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penyusunan KUA-PPAS P-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2017 ini juga bertujuan untuk mempertajam dan menyesuaikan prioritas kebijakan pembangunan, sehingga kegiatan pembangunan yang dilaksanakan lebih tepat arah dan tepat sasaran dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

“KUA-PPAS P-APBD TA 2017 ini diharapkan akan semakin meningkatkan sinergi seluruh stakeholders dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembangunan, sehingga pembangunan di Kota Padangsidimpuan akan dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan optimal,“ jelasnya.

Tujuan lain katanya, dengan disusunnya KUA-PPAS P-APBD 2017 ini, guna menyesuaikan asumsi dalam KUA-PPAS APBD TA 2017 lalu, baik yang menyangkut proyeksi pandapatan daerah, alokasi belanja daerah, serta sumber dan penggunaan pembiayaan pembangunan.

“Selain itu untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan melalui penambahan, pengurangan, dan pergeseran anggaran, baik antar unit organisasi, antar kegiatan, maupun antar jenis belanja,“ katanya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH mengatakan, KUA-PPAS P-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2017 ini, akan dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif bersama Komisi-Komisi di DPRD Kota Padangsidimpuan.

“KUA-PPAS ini akan dijadikan acuan penyusunan P-APBD TA 2017. Untuk itu, diharapkan agar sebelum akhir tahun ini P-APBD sudah tuntas, dengan begitu menjelang akhir tahun, APBD 2018 dapat dibahas, karena ‘lebih cepat akan lebih baik’,” ujar Taty.

Usai penyampaian KUA-PPAS, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si menyerahkan dokumen laporan KUA-PPAS P-APBD TA 2017 kepada Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan SH dan dilanjutkan penyerahannya oleh Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tabunan SH kepada Rudi Hermanto selaku perwakilan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Padangsidimpuan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar