FT UMSU Gelar Pelatihan Aplikasi Software SolidWorks

Redaksi: Kamis, 23 November 2017 | 22.04.00



MEDAN| HARIAN9
Penggunaan aplikasi SolidWorks merupakan salah satu aplikasi CAD/CEA  Education Network License for Lab Calassroom bertarap International ini diikuti dosen Fakultas Teknik bekerjasama dengan PT. Prosinergi Multitama, demikian dikatakan Munawar Alfansury Siregar, ST.MT Dekan Fakultas Teknik UMSU didampingi Khairul Umurani, ST.MT Wakil Dekal III Fakultas Teknik UMSU,(23/11) di Ruang Laboratorium Komputer.

“Palatihan ini dikuti oleh 30 Dosen Tetap Fakultas Teknik UMSU dari masing-masing Program Studi Teknik Mesin, Elektro dan Sipil yang dimulai dilaksanakan pada tanggal 20-23 Nopember 2017, Aplikasi SolidWorks ini mampu merajai industri manufaktur, arsitektur, rekayasa dan instrumentasi  dalam proses yang sangat cepat dan sangat mudah digunakan, kemampuan perubahan pada design yang tidak rumit ketika kita ingin mengedit design,” ungkapnya

Munawar menambahkan, dalam Pelatihan SolidWorks diharapkan kepada dosen-dosen dapat mempelajari cara medesainer, menganalisis, dan memvisualisasikan model tiga dimensi dalam semua jenis bidang-bidang dan dapat menggunakan sistem komputer untuk menganalisis fungsi dari produk desain CAD. 

"Memungkinkan desainer untuk mensimulasikan dan mempelajari bagaimana produk tersebut akan berperilaku sehingga desain dapat disempurnakan dan dioptimalkan. Alat CAE tersedia untuk beberapa jenis analisis, misalnya, program analisis kinematik dapat digunakan untuk menentukan jalur gerak dan kecepatan secara mekanisme," katanya.

Sementara itu Khairul Umurani, ST. MT Wakil Dekan III Fakultas Teknik bahwa Solidworks memakai 3 area kerja yaitu, Parts, Assembly dam Drawing yang saling berkaitan. Jika kita merubah salah satu design maka gambar yang lain akan ikut menyesuaikan sehingga kita tidak perlu melakukan editing pada design yang lain. 

Solidworks juga mampu membuat animasi pergerakan dari design kita dan mampu secara akurat menghitung nilai tekanan pada material, berat material pada design, Volume dam MoldFlow cetakan ketika kita masih mendesain cetakan. Sehingga kemungkinan cacat pada produksi sangat minim sekali.  

“Diantara 3 aplikasi CAD manufactur yaitu, Inventor, SolidEdge, dan SolidWorks, ternyata pemakaian SolidWorks lah yang terbaik dan mudah untuk digunakan, mempelajari Aplikasi ini dan akan terus saling berbagi ilmu tentang SolidWorks. Peran paling dasar dari CAD adalah untuk mendefinisikan geometri desain  bagian mekanik, perakitan produk, struktur arsitektur, sirkuit elektronik, tata letak bangunan, dll,” tegasnya. (taon9)


Komentar