Gagalkan Peredaran 5 Kg Ganja. Tujuh Tersangka Diamankan

Redaksi: Sabtu, 25 November 2017 | 05.50.00

Tujuh tersangka diduga pengedar narkotika jenis ganja saat di boyong di Mapolres Padangsidimpuan, Jum,at (24/11/2017).  (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Satuan Narkoba Polres Padangsidimpuan berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis ganja seberat 5 kilogram di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, dengan mengamankan 7 tersangka di daerah Jalan Sutan Parlaungan Harahap Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Jumat (24/11/2017), sekira Pukul 01.00 Wib.

Ke tujuh tersangka yang diamankan tersebut yakni, ARL (33) warga Jalan Sudirman Kelurahan Sadabuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, FN (35) warga Jalan Sibolga Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), PS (38) warga Jalan Ompu Sarudak Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan.

Kemudian SB (22), warga Jalan Sibolga Desa Palopat Maria Kcamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, MR (35), warga Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel, FHH (26), warga Jalan Desa Huta Padang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu Kota Padangsidimpuan dan AH (41) warga Desa Lobu Layan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Padangsidimpuan, penangkapan terhadap para tersangka yang diduga merupakan sindikat pengedar narkotika jenis ganja tersebut berawal dari laporan masyarakat bahwa di salah satu tempat di daerah Jalan Sutan Parlaungan Harahap Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan ada sekelompok pria akan melakukan peredaran narkotika jenis ganja di Kota Padangsidimpuan.

Mendapat informasi tersebut, personil Sat Narkoba Polres Padangsidimpuan dipimpin Kasat Narkoba AKP CJ Panjaitan, SH langsung melakukan penyelidikan dengan melakukan penyamaran sebagai pembeli ganja yang tujuannya untuk menjebak para tersangka.

Setelah harga dan lokasi jual beli narkotika disepakati, petugas yang melakukan penyamaran sebagai pembeli daun ganja, sekaligus akan melakukan transaksi di jalan Sutan Parlaungan Harahap Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Saat anggota Sat Narkoba yang melakukan penyamaran mendatangi lokasi sesuai yang disepakati, petugas melihat satu unit mobil angkutan yang ditumpangi 7 orang pria yang dicurigai membawa narkotiga golongan I jenis ganja, sementara personil lainnya melakukan pengintaian di sekitar lokasi.

Setelah mobil angkutan umum yang ditumpangi ke 7 pria tersebut berhenti, petugas yang melakukan pengintaian langsung melakukan penyergapan. Saat dilakukan penggeledahan baik kepada para tersangka dan mobil penumpang umum tersebut, petugas menemukan 5 bal daun ganja yang disimpan dibawah jok mobil.

Untuk pengembangan selanjutnya, ke 7 tersangka diboyong ke Mapolres Padangsidimpuan bersama sejumlah barang bukti berupa narkotika jenis daun ganja seberat 5 kilogram, 1 unit mobil penumpang merk Daihatsu type Grandmax Nopol. BB 1014 FP yang di gunakan untuk mengangkut narkoba serta uang tunai sebanayak Rp.1.000.000,-

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Andy Nurwandy S.Ik didampingi Kasat Narkoba  AKP CJ Panjaitan, SH yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Dari pemeriksaan sementara kata Kasat, para tersangka memiliki peran masing-masing, yang mana barang haram tersebut dibeli dari AH yang merupakan pedagang buah salak untuk wilayah Sigli Kabupaten Aceh Pidie.  

Sedangkan tersangka MR dan FHH ikut serta menjualkan narkotika golongan I jenis ganja tersebut kepada pembeli dan tersangka FN bertugas mencari pembeli. Begitu juga dengan tersangka ARL, PS dan SBN yang diajak oleh tersangka FN untuk turut serta melakukan permufakatan jual beli narkotika golongan i jenis ganja tersebut.

Kasat menambahkan, pasal yang dituduhkan kepada para tersangka adalah pasal 132 ayat (1) jo pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, kemudian subsidair nya dikenakan pasal 112 UU Narkotika karena ada permufakatan jahat dalam perkara narkoba, seperti yang dimaksudkan dalam pasal 114 dan 112 UU Narkotika.

“ Intinya, dalam unsur pasal itu jelas menegaskan bahwa berniat untuk melakukan permufakatan jahat, sudah bisa dihukum. Hal ini juga termasuk dalam pasal 132 dan pasal 55 dalam UU yang sama,” tutur Kasat.

Kapolres juga mengapresiasi anggotanya karena berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis ganja seberat 5 kg dan mengamankan 7 tersangka, “ kita tetap berkomitmen dan melakukan tindakan tegas kepada pelaku pelaku perusak generasi ini, ” tegas Kapolres.

Kapolres juga mengajak semua elemen masyarakat di Kota Padangsidimpuan untuk terus berperang melawan penyalahgunaan narkoba untuk menjaga generasi dan anak dibawah umur dari pengaruh narkoba.

“Pemberatasan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat butuh partisipasi semua unsur. Polisi tidak akan mampu untuk memberantas peredaran narkoba, jika tidak didukung oleh partisipasi masyarakat, “ katanya.  (Wan9)


Komentar